Follow Us

Diduga Hidup dari Kotak Amal, Buronan Teroris 18 Tahun Bom Bali 1 Ini Akhirnya Tertangkap!

Adrie Saputra - Minggu, 13 Desember 2020 | 14:00
Densus 88 Antiteror Polri
IST

Densus 88 Antiteror Polri

Suar.ID - Densus 88 Antiteror Polri akhirnya menangkap buronan teroris 18 tahun bernama Zulkarnaen.Zulkaranen disebut pernah terlibat dalam kasus peledakan bom bali I tahun 2002.Mengutip dari TV One, Zulkarnaen dilaporkan ditangkap di Kabupaten Lampung Timur, Lampung.

Baca Juga: Tak Peduli Harus Ubah Total Penampilan Hingga 180 Derajat, Mantan Pramugari Cantik Ini Terpaksa Banting Setir Jualan Alpukat Setelah Dipecat Dari Maskapainya Gara-gara Pandemi Covid-19Kepala Bindang Humas Polda Lampung Komisaris Besar Polisi Zahwani Arsyad menjelaskan pihaknya mendampingi tim Densus 88 saat melakukan penangkapan."Kami mendampingi tim Densus 88 yang melakukan penangkapan Zulkarnaen," ujar Kombes Zahwani Arysad di siaran TV One, Sabtu (12/12/2020).Hanya dia tak bisa menjelaskan apa yang dilakukan Zulkarnaen di Lampung hingga bisa bertahan begitu lama di sana.

Baca Juga: Terhadap Habib Rizieq Shihab Yang Ditetapkan Jadi Tersangka Dan Akan Ditahan Selama 20 Hari, Sosok Ini Tegaskan Bahwa Pemerintah Tak Akan Berekonsiliasi Dengan Pemimpin FPI Itu

Dijelaskan, Polda Lampung terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar terhindar dari paparan radikalisme.Demikian dengan isu-isu kotak amal yang digunakan sebagai sumber pendanaan aksi terorisme.

Polisi memberikan pencerahan agar hal itu tidak terjadi."Kami datangi masjid-masjid, masyarakat, mengedukasi agar tidak terpapar paham radikalisme," ujarnya.Pada tahun 2010, wartawan Surya sempat mendatangi rumah Ustadz Zulkarnaen alias Arif Sunarso.Orangtua Zulkarnaen meyakini Arif, demikian Zulkarnaen dipanggil, tak terlibat dalam kegiatan terorisme.

Baca Juga: Bukan Orang Sembarangan Dan Pernah Harumkan Indonesia, Sosok Pembalap Nasional Ternyata Hampi Jadi Ayah Sambung Trio Tampan Al, El, Dul, Kisah Asmaranya Dengan Maia Estianty Kandas Sebelum Tercium Publik

Nama Ustadz Zulkarnaen alias Arif Sunarso alias Ustadz Daud sempat lama tenggelam dalam pemberitaan tentang teroris.

Padahal, kabarnya, dia adalah panglima perang di kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, menuturkan bahwa saat ini Zulkarnaen masih diperiksa intensif.Zulkarnaen disebut-sebut memiliki kemampuan lengkap. Mulai merakit bom, ahli fisika (untuk meramalkan efek ledakan), dan ahli kimia untuk menciptakan bahan-bahan bom, termasuk kemampuan merekrut pengikut, sehingga figurnya sangat ditokohkan.

Seperti yang kita tahu, pengeboman yang dilakan oleh Amrozi Cs ini masih meninggalkan luka mendalam bagi keluarga korban dan publik di dunia.Berikut 26 daftar nama tersangka pelaku Bom Bali I : 1. Amrozi bin Nurhasyim alias Amrozi, terpidana mati.2. Ali Imron, adik Amrozi3. Ali Ghufron alias Mukhlas, kakak Amrozi, terpidana mati.4. Arnasan alias Jimi, bertugas sebagai pengantin bom dan tewas.5. Imam Samudra alias Abdul Aziz, terpidana mati.6. Abdul Gani7. Abdul Hamid (kelompok Solo)8. Abdul Rauf (kelompok Serang)9. Achmad Roichan10. Andi Hidayat (Kelompok Serang)

Baca Juga: Harus Banyak Berguru ke Dinar Candy yang Bisa Jual Celana Dalam Bekas 80 Juta, Selebgram Ini Hanya Bisa Mendapatkan 11 Juta Dalam Sebulan dari Jualan Celana dalam Bekas dan Stoking

11. Andi Oktavia (kelompok Serang)12. Bambang Setiono (kelompok Solo)13. Budi Wibowo (kelompok Solo)14. Azahari Husin alias Dr. Azari alias Alan (tewas dalam penyergapan oleh polisi di Kota Batu pada 9 November 2005)15. Dulmatin, tewas tanggal 9 Maret 201016. Feri alias Isa17. Herlambang (kelompok Solo)18. Hernianto (kelompok Solo)19. Indris alias Jonhi Hendrawan20. Junaedi (kelompok Serang)21. Makmuri (kelompok Solo)22. Mohammad Musafak 23. Mohammad Najib Nawawi 24. Umar Patek alias Umar Kecil25. Mubarok alias Utomo Pamungkas.26. Zulkarnaen.

Source : Tribun Jabar, Surya, TV One, Kompas

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest