Mantap jadi Laki-laki, Nasib Aprilia Manganang di TNI jadi Sorotan, Mantan Atlet Voli Putri Indonesia Tahan Tangis saat Ungkapkan Hal Ini Pada Jenderal Andika Perkasa

Rabu, 10 Maret 2021 | 21:00
Kolase Instagram @apriliamanganang_ & @manganang9

Aprilia Manganang tahan tangis ungkapkan hal ini pada Jenderal Andika Perkasa, bagaimana nasibnya di TNI?

Suar.ID -Aprilia Manganang kini resmi berstatus kelamin laki-laki, Jenderal Andika Perkasa ungkapkan hal ini, bagaimana nasib dan statusnya di TNI?

Sebelumnya, Aprilia Manganang tercatat sebagai anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad).

Meski status April kini adalah laki-laki, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral Andika Perkasa memastikan mantan pemain timnas voli putri Indonesia itu akan tetap berkarier di TNI.

April akan diberi beberapa pilihan menjalani tugas baru setelah dia menjalani operasi perbaikan atas kelainan atau hipospadia yang dia alami selama ini.

Baca Juga: Selama Ini Dikenal Sebagai Wanita Dengan Sederet Prestasi Aprilia Manganang Bersyukur setelah Melakukan Corrective Surgery: Ini Momen yang Sangat Saya Tunggu

"Dengan kondisi ini, saya dengan staf akan melakukan evaluasi untuk memberi tugas yang pas," kata Andika saat menyampaikan keterangan di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021), melansir Tribunnews.

Andika merasa ikut bertanggung jawab atas peristiwa yang dialami April.

Sang Jenderalmenjelaskan, April direkrut sebagai anggota TNI AD lewat rekrutmen khusus bintara yang berprestasi pada 2016.

Andika mengatakan pemeriksaan medis saat itu memang tidak lengkap.

Baca Juga: Bak Mengipasi Arang Yang Sedang Membara, Gatot Nurmantyo Tiba-tiba Mengaku Pernah Diajak Kudet AHY Di Partai Demokrat, Seketika Langsung Ingat Jasa Besar SBY

"Berdasarkan pemeriksaan medis, memang sejak dilahirkan adalah laki-laki, tapi kan tahunya setelah kemarin tanggal 3 Februari."

"Pemeriksaan kesehatan memang saat itu, 2016, ada program khusus AD merekrut mereka-mereka yang punya prestasi, dan AD waktu itu memutuskan menerima."

"Lagi-lagi saat itu pemeriksaan memang tidak dilakukan selengkap yang kami gelar minggu lalu, itulah jawaban saya."

"Oleh karena itu, saya sebagai pimpinan AD saat ini merasa bertanggung jawab membantu dia mendapatkan apa yang seharusnya ditakdirkan pada saat dia dilahirkan," kata Andika.

Baca Juga: Terlanjur Viral Videonya, Wanita Ini Harus Tanggung Malu usai Pamer Mobil Pelat Dinas TNI Palsu, Rela Rogoh Kantong hingga Jutaan Cuma Buat Gaya-gayaan

Dijelaskan Andika, saat pertama kali bertugas, April ditempatkan di dinas jasmani.

Namun pada 2018, dia dipindahtugaskan ke Kodam Manado.

DOK. Humas Kementan
DOK. Humas Kementan

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa

Baca Juga: Awalnya Jumawa Pamer Mobil Berplat Dinas TNI, Wanita ini Akhirnya Malah Minta Maaf dan Akui Nomor Plat Palsu, Netizen: Cantik Doang Plat Nomer Bodong!

"Sejak lulus 2016, dia ditempatkan di Dinas Jasmani di Bandung,"

"Tapi mulai 2018 sampai sekarang dia ditempatkan di Kodam Manado."

"Dia adalah prajurit yang punya disiplin karena selama dinas sama sekali tidak ada pelanggaran."

"Orangnya sangat nurut dan saya yakin itu adalah satu attitude, ya,"

"Kalau kita lihat dia sebelum bergabung TNI, ada dia punya prestasi juga menunjukkan orang yang punya komitmen, disiplin, dan selama dinas selalu masuk dinas sesuai jam dan tidak ada perintah yang diberikan kepada dia yang tidak dilakukan," ungkapnya.

Baca Juga: Putri Wapres Try Sutrino Dipinang Mantan Menhan, Rupanya Punya Profesi tak Sembarangan!

Setelah menjalani operasi, April akan diberi pilihan terkait penugasan baru yang mungkin tugas-tugas tersebut lebih kepada kepada penugasan lapangan.

Kemungkinan, April akan ditawari untuk menjalankan tugas di bagian perbekalan dan angkutan atau di kesehatan.

"Tergantung passion Aprilia di mana," katanya.

Andika juga menjelaskan, tak hanya memberi bantuan berupa operasi recovery atas kelainan hipospadia yang menyebabkan dia mengalami kesalahan penempatan jenis kelamin dari pria menjadi wanita, TNI AD juga memberi bantuan pemberkasan.

Baca Juga: Tak Sadar Tunjukkan Sendiri Borok KKB Papua, Sang Jubir Malah Sebar Hoaks Anggotanya yang Tewas di Tangan TNI-Polri ini Masih 17 Tahun demi Dapatkan Kesan Negatif, Kapolres: Mereka Tega Mendoktrin Generasi Muda!

Dokumen yang berkaitan dengan status kependudukan dan status kelamin dari Aprilia, kata Andika, telah disiapkan sepenuhnya untuk kemudian diajukan ke Pengadilan Negeri setempat.

"Kita penuhi semua syarat yang ada di Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan," katanya.

"Kita harap Pengadilan Negeri Tondano akan memberikan dan tetapkan perubahan nama, dari nama sebelumnya kepada nama yang nanti dipilih Aprilia, kemudian perubahan status jenis kelamin," kata dia.

Baca Juga: TNI Berhasil Tembak Mati Anggota KKB Papua, Bermula Serang Pos Keamanan saat Dini Hari, Uskup Jayapura: Selama Kelompok Ini Masih Memiliki Senjata, Konflik di Tanah Papua tidak akan Berakhir

Aprilia Manganang Tahan Tangis saat Ungkapkan Hal Ini pada Jenderal Andika Perkasa

TribunBatam.id via Twitter @duwiry

Aprilia Manganang

Dalam tayangan videotron di Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa bertanya kepada April mengenai perasaannya usai menjalani operasi untuk memperbaiki kondisi kelainan kelamin yang dideritanya.

April kemudian dengan suara bergetar dan terbata-bata mengatakan hal tersebut adalah momen yang sudah ditunggunya sejak lama.

Ia mengaku bahagia setelah menjalani operasi tersebut.

Baca Juga: Satgas Madago Raya Berhasil Lukai 2 Anggota Kelompok Ali Kalora dalam Baku Tembak di Wilayah Salubanga, Aparat Gabungan TNI-Polri Terus Buru Sisanya, Danrem: Mereka Sudah Lemah!

"Ini momen yang sangat saya tunggu, Bapak."

"Ini momen yang sangat bahagia banget."

"Puji Tuhan banget buat Tuhan Yesus saya bisa lewati ini," kata April, Selasa (9/3).

Didampingi Ketua Persit Kartika Candhra Kirana, Hetty Andika Perkasa, April yang juga tercatat sebagai prajurit TNI AD berpangkat Sersan Dua (Serda) itu menyampaikan rasa syukurnya telah dipertemukan dengan Andika dan Hetty sehingga operasi pertama tersebut bisa terjadi.

Baca Juga: Suaminya yang Merupakan Anggota TNI ini Sedang Bertaruh Nyawa Karena Ditugaskan di Papua, Wanita ini Malah Tega Khianati Belahan Hatinya dan Selingkuh dengan Senior Sang Suami, Sempat Tak Tertarik Namun Akhirnya Luluh Gegara Hal Ini!

Ia juga berterima kasih kepada tim dokter RSPAD yang telah melakukan operasi kepadanya.

”Saya sangat bahagia, Bapak."

"Selama 28 tahun saya menunggu dan akhirnya hari ini bisa tercapai juga," kata April.

Setelah hasil rekam medis keluar dan dijelaskan secara rinci kepada April, Andika lantas menawarkan kepada April untuk menjalani operasi correction surgery di RSPAD Jakarta.

Baca Juga: Bak Menari-nari Diatas Penderitaan Teman-temannya, Rupanya Begini Akal-akalan Praka MS Curi 600 Amunisi dari Kesatuannya dan Jual ke KKB Papua Demi Mendapat Pundi-pundi Rupiah

"Jadi saya konsultasi tawarkan apa yang bisa kami bantu untuk dia."

"Akhirnya Sersan Manganang rupanya menyambut dengan excited."

"Ini yang ditunggu-tunggu, saya hadirkan tim RSPAD, kemudian lakukan pemeriksaan lengkap dengan menggunakan seluruh fasilitas kesehatan kami," katanya.

Baca Juga: Tak Terima Diberikan Tagihan Sebesar Rp 3,3 Juta, Oknum Polisi yang Diduga Mabuk ini Nekat Tembak 4 Orang di Kafe, 3 Orang Tewas Termasuk TNI, Begini Kronologinya...

Operasi correction surgery yang dijalani April itu dijadwalkan dua kali.

Namun, hasil yang pertama sudah berjalan dengan baik.

Dalam operasi tersebut, kata Andika, tidak ada pergantian organ kelamin secara fisik dari wanita ke laki-laki.

"Jadi, saat ini Sersan Manganang masih dalam proses recovery dan operasi berjalan secara baik, tapi belum bisa keluar dan harus beristirahat dulu," kata Andika

Editor : Ervananto Ekadilla

Sumber : Youtube, Tribunnews

Baca Lainnya