Follow Us

Skandal Pajak Ratusan Politisi, Miliarder, Hingga Tokoh Agama Terungkap Lewat Pandora Papers, Apakah itu?

Aditya Eriza Fahmi - Senin, 04 Oktober 2021 | 15:03
Ilustrasi pajak
Freepik

Ilustrasi pajak

Suar.ID - Belum lama ini International Consertorium of Investgative Journalists (ICIJ) merilis hasil investigasi mereka yang menggemparkan dunia.

Pasalnya, investigasi ini berisi kekayaan ratusan pemimpin dunia , politisi berpengaruh, miliarder, selebritas, tokoh agama, hingga gembong narkoba.

Dari hasil investigasi ini para tokoh ini rupanya menyembunyikan aset mereka dalam berbagai bentuk.

Mulai dari mansion, properti ekslusif yang berada di depan pantai, kapal pesiar dan aset lainnya selama 25 tahun terakhir.

Baca Juga: Dapat Mahar Rp 1 Miliar Saat Jalani Kawin Kontrak dengan Pengacara Kondang, Artis Cantik ini Kini Taaruf dan Nikah Lagi, Mahar Bukan Kaleng-kaleng!

Dilansir Kompas.tv, investigasi ini dilakukan dengan ICIJ dengan menyelidiki hampir 12 juta dokumen dari 14 perusahaan di seluruh dunia.

Mengutip dari Assosiated Press, laporan ini dirilis pada Minggu (3/110) dan dikerjakan oleh 600 jurnalistik dari 150 media di 117 negara.

Laporan ini pun disbeut 'Pandora Papers', karena menjelaskan transaksi rahasia para elite dan koruptor yang sebelumnya tersembunyi.

Hasil investigasi ini juga mengungkapkan modus mereka menyembunyikan aset dengan menggunakan rekening luar negeri untuk melindungi aset yang secara kolektif bernilai triliunan dolar.

Baca Juga: 45 Hari Kematian Korban Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang, Polisi Bongkar Makam Jenazah Korban, Lakukan Autopsi 3 Jam: Pasti Terungkap!

Dari kategori politisi ada lebih dari 330 mantan politisi dan yang sekarang masih menjabat.

Source : Kompas.tv

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya

Latest