Follow Us

Kisahnya Mengundang Keprihatinan, Inilah Laika, Anjing Pertama yang Dikirim Uni Soviet ke Luar Angkasa, Apa yang Terjadi Padanya?

Khaerunisa - Kamis, 27 Mei 2021 | 20:45
Laika, anjing pertama yang dikirim Uni Soviet ke luar angkasa.
Smithsonian Magazine

Laika, anjing pertama yang dikirim Uni Soviet ke luar angkasa.

Suar.ID - Uni Soviet dikenal sebagai negara yang berhasil mengirim manusia pertama ke luar angkasa.

Itu dicapainya di tengah berlangsungnya Perang Dingin, di mana 'Perlombaan Luar Angkasa' menjadi salah satu persaingan di antara dua negara adidaya tersebut.

Pencapaian itu diraih Uni Soviet pada April 1961, dengan pesawat luar angkasa Vostok I yang membawa kosmonot Yuri Gagarin mengorbit bumi.

Vostok I menjadi misi berawak pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa dalam sejarah, juga Yuri Gagarin menjadi orang pertama yang berhasil meluncur ke luar angkasa.

Baca Juga: Sok-sokan Berubah Jadi Negara Adidaya, NASA Permalukan China Gegara Roket Long March 5B Jatuh dan Hancur di Samudera Hindia, 'Sangat Jelas Bahwa China Gagal'

Dengan misi yang dijalankan secara rahasia itu, Uni Soviet pun mengungguli AS yang hadir dengan Proyek Mercury.

Proyek AS itu tujuannya adalah untuk menempatkan seseorang ke orbit Bumidan mengembalikannya dengan selamat, yang tak kalah penting bagi AS bahwa idealnya proyek itu ditargetkan berhasil sebelum Uni Soviet.

Ternyata, AS kalah cepat. Uni Soviet lebih dulu berhasil mengirimkan manusia pertamanya ke luar angkasa.

Untuk menjadi yang pertama, berbagai upaya dilakukan Uni Soviet, termasuk mengirim binatang untuk mendapatkan gambaran bagi ilmuwan saat itu.

Baca Juga: Mimpi Melihat Ular Hitam, Benarkah Pertanda Datangnya Guna-guna?

Di balik pengiriman binatang ke luar angkasa oleh Uni Soviet itu, tersimpan kisah menyedihkan seekor anjing bernama Laika.

Pada 3 November 1957, Uni Soviet untuk pertama kalinya menerbangkan seekor binatang ke luar angkasa.

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest