Follow Us

Tenggelamnya Kapal Lusitania oleh Kapal Selam Jerman Ubah Perang Dunia I, Amerika yang Tadinya Miliki Posisi Netral Akhirnya Ikut Perang

K. Tatik Wardayati - Sabtu, 24 April 2021 | 21:00
Kapal Lusitania
Wordpress via ATI

Kapal Lusitania

Suar.ID – Sebuah kapal selam Jerman menorpedo kapal uap milik Inggris Lusitania.

Terjadi pada tanggal 7 Mei 1915, yang mengakibatkan tewasnya 1.195 orang termasuk 128 orang Amerika.

Bencara tersebut memicu serangkaian peristiwa yang menyebabkan Amerika Serikat memasuki Perang Dunia I.

Bencana tersebut membuat tegang hubungan antara Jerman dan Amerika Serikat yang netral.

Baca Juga: Selama Perang Dunia Miliki Kesempatan Belajar dan Berada di Garis Depan, Winston Churchill Percaya Bahwa Dia ‘Ditakdirkan’ Menjadi Perdana Menteri

Memicu sentimen anti-Jerman dan serangkaian peristiwa yang akhirnya menyebabkan Amerika Serikat memasuki Perang Dunia I.

Lusitania, yang dimiliki oleh Cunard Shipping Line, diluncurkan pada tahun 1906 untuk mengangkut penumpang dalam pelayaran transatlantik.

Angkatan Laut Inggris mensubsidi konstruksi kapal dengan pemahaman bahwa kapal tersebut akan dimasukkan ke dalam dinas militer jika perang pecah.

Setelah Perang Dunia I dimulai pada tahun 1914, Lusitania tetap menjadi kapal penumpang, meskipun diam-diam dimodifikasi untuk perang.

Baca Juga: Ketika Saudara Para Prajurit yang Tewas dalam Perang Dunia I Merasa Bertanggung Jawab Atas Istri dan Anak-anak Saudaranya Itu, Mungkinkah Mereka Menikahi Saudara Iparnya Itu?

Pada Februari 1915, rupanya komandan angkatan laut Jerman mengetahui bahwa para pedagang Inggris mempersenjatai kapal mereka dan bahwa baik kapal dagang maupun kapal penumpang sedang mengangkut senjata dan pasokan dari Amerika Serikat ke Eropa.

Jerman kemudian menyatakan perairan di sekitar Kepulauan Inggris sebagai zona perang dan berhenti mengikuti aturan angkatan laut internasional, yang memperingatkan kapal tentang keberadaan kapal selam.

Editor : K. Tatik Wardayati

Baca Lainnya

Latest