Follow Us

Inilah Waktu Paling Mustajab Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan, Ada 10 Waktu Utama

Rahma Imanina Hasfi - Rabu, 29 April 2020 | 14:45
Ilustrasi berdoa
Pixabay

Ilustrasi berdoa

Suar.ID - Satu diantara keistimewaan bulan Ramadhan adalah setiap ibadah yang kita kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya.Salah satu ibadah yang mudah dan kerap kita lakukan adalah berdoa.Berdoa merupakan amalan yang dianjurkan bagi umat muslim terutama saat bulan Ramadhan.

Baca Juga: MUI Surabaya Umumkan Warga yang Terinfeksi Virus Corona Boleh Tidak Puasa di Bulan Ramadhan, Asal...Apalagi di bulan Ramadhan terdapat 10 waktu berdoa paling mustajab.Tidak hanya meraih pahala, doa-doa yang dipanjatkan akan diijabah oleh Allah SWT.

Berikut 10 waktu berdoa paling mustajab di bulan Ramadhan seperti dikutip dari TribunJateng.com:1. Saat SahurDalam Alquran surat Adz-Dzariyat ayat 18 dijelaskan:"Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan."2. Selama waktu puasaHadist Riwayat Tirmidzi menjelaskan bahwa ada tiga golongan yang doanya tidak akan ditolak, yaitu:a. Orang yang berpuasa hingga dia berbukab. Imam yang adilc. Doa orang yang dizalimi

Baca Juga: Bikin Kurang Percaya Diri, Inilah Cara Sederhana Mengurangi Bau Mulut saat Berpuasaا

3. Saat BerbukaIbnu Majah meriwayatkan: Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.4. Sepertiga Malam TerakhirHadist Riwayat Bukhari dan Muslim:"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya.Kemudian berfirman: Orang yang berdoa kepada-Ku akan aku kabulkan. Orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni."

5. Malam Lailatul QadrMalam Lailatul Qadr menjadi satu hal yang sangat ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan.Lailatul Qadr adalah malam yang paling istimewa di 10 hari terakhir Ramadhan.Dalam Al-quran surat Al-Qadr ayat 3-5 dijelaskan:"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar."Selain itu, Tirmidzi dan Ibnu Majah meriwayatkan:"Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Wadar?Beliau bersabda, 'Berdoalah, Allahumma inna 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni'(Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf. Maka ampunilah aku)

Baca Juga: Meninggal Setelah Dinyatakan Positif Terjangkit Virus Corona, Wali Kota Tanjung Pinang Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tanpa Proses Upacara Apa pun6. Saat Adzan BerkumandangKetika mendengar adzan, umat muslim dianjurkan untuk menjawab dengan lafaz yang sama.Rasulullah bersabda:"Doa tidak tertolak pada dua waktu atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya.Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika dua kubu saling menyerang." (HR. Abu Daud)

7. Antara Adzan dan IqamahSelalu ada jeda antara adzan dan iqamah.Waktu tersebut juga dianjurkan untuk berdoa.Rasulullah bersabda"Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak." (HR Tirmidzi).

8. Ketika sujud dalam sholatPosisi terdekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika sedang bersujud.Rasulullah bersabda"Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR. Muslim)

Baca Juga: Viral, tak Terima Kegiatan Tarawihnya Dilaporkan ke Anies Baswedan, Puluhan Remaja Pulogadung Mengamuk dan Rusak Rumah Sang Pelapor, Camat: Mereka Marah9. Hari JumatHari jumat merupakan hari yang mulia.Rasulullah bersabda "Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat.Pada hari itu, Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali hari Jumat." (HR Muslim)"Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta." (HR Bukhari, Muslim).10. Hari Rabu antara Dzuhur dan AsharDalam sebuah riwayat dari Jabir bin Abdillah dijelaskan:"Nabi SAW berdoa di Masji Al-Fath 3 kali, yaitu Senin, Selasa, dan Rabu.Pada hari Rabu-lah doanya dikabulkan yaitu di antara dua sholat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.Berkata Jabir: "Tidaklah suatu perkara penting yang berat padaku kecuali aku memilih waktu ini untuk berdoa dan aku mendapati dikabulkannya doaku."Riwayat lain menyebutkan "Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan yaitu di antata dua sholat, Dzuhur dan Ashar." (HR Ahmad).

Baca Juga: Ironis, Selama Ini Begitu Keras Tolak Lockdown di Daerahnya, Wanita Pemimpin Gerakan Anti-Lockdown Ini Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona

Source : TribunJateng.com

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest