Follow Us

Pernah Sebut Warga Sumatera Barat Kurang Pancasilais, Maksud Tersembunyi Puan Maharani Pakai Baju Adat Bundo Kanduang Dibongkar Pengamat Politik: Dia Ingin Mengobati Kekecewaan Masyarakat Sumbar

Ervananto Ekadilla - Rabu, 18 Agustus 2021 | 20:09
Ketua DPR Puan Maharani saat membacakan teks proklamasi dalam Upacara HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).
YouTube.com/Sekretariat Presiden

Ketua DPR Puan Maharani saat membacakan teks proklamasi dalam Upacara HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Suar.ID - Pernah Sebut Warga Sumatera Barat Kurang Pancasilais, Maksud Tersembunyi Puan Maharani Pakai Baju Adat Bundo Kanduang Dibongkar Pengamat Politik.

Ketua DPR RI, Puan Maharani menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021).

Didaulat membacakan Teks Proklamasi, cucu proklamator Bung Karno tersebut mengenakan pakaian tradisional Bundo Kanduang, asal Lintau, Tanah Datar, Sumatera Barat.

Baca Juga: Pantas Balihonya Muncul di Berbagai Sudut Kota, Terungkap Inilah Pabrik Uang Puan Maharani yang Punya Aset Tanah dan Bangunan Senilai Ratusan Miliar

“Negeri yang merdeka ini tidak hanya harus berdaulat secara politik dan berdikari secara ekonomi, tetapi juga berkepribadian dalam budayanya,” ujar Puan mengutip Trisakti Bung Karno, Selasa (17/8/2021), dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden.

Mantan Menko PMK ini memakai busana Bundo Kanduang bernuansa krem, merah dan emas.

Busana adat yang biasa disebut juga dengan Limpapeh Rumah Nan Gadang merupakan busana yang biasa dipakai oleh wanita Minang di Minangkabau, Sumatera Barat.

Baca Juga: Nggak Nyangka! Survei Membuktikan Puan Maharani Ternyata menjadi Kandidat Terkuat di Bursa Cawapres

Sebagai informasi, busana ini biasa dipakai oleh seorang wanita yang telah dewasa atau yang telah menikah, dengan memakai Tingkuluak Balenggek, penutup kepala yang berasal dari Lintau, Tanah Datar.

Oleh wanita Minang, busana Bunda Kanduang biasa dipakai pada acara adat seperti pernikahan, pengangkatan datuak, dan lainnya.

Makna dari busana ini adalah merupakan simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam sebuah keluarga.

Halaman Selanjutnya

Dok. DPR RI Puan Maharani
1 2 3

Source : Tribunnews, Youtube Sekretariat Presiden

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest