Follow Us

Beda Nasib Bak Bumi dan Langit dengan Pinangki, Rupanya Vonis Angelina Sondakh Justru Diperberat oleh Hakim saat Kasasi Padahal Sama-sama jadi Orangtua Tunggal

Rahma Imanina Hasfi - Jumat, 18 Juni 2021 | 11:00
Nasib Angelina Sondakh dibandingkan dengan Jaksa Pinangki yang hukumannya berkurang dari 10 tahun menjadi 4 tahun.
IST

Nasib Angelina Sondakh dibandingkan dengan Jaksa Pinangki yang hukumannya berkurang dari 10 tahun menjadi 4 tahun.

Suar.ID - Vonis majelis hakim dalam sidang banding jaksa Pinangki Sirna Malasari di Pengadilan Tinggi (PT) DKI Jakarta menjadi sorotan lantaran masa hukuman Pinangki dipangkas dari 10 tahun menjadi empat tahun.

Hal tersebut sangat berbeda jauh dengan vonis yang diberikan pada Angelina Sondakh kala itu.

Besaran potongan masa hukuman Pinangki dari 10 tahun menjadi empat tahun, mencapai 60 persen bila dipersentasekan.

Adapun pemotongan hukuman tersebut diputuskan majelis hakim dengan mempertimbangkan beberapa hal.

Baca Juga: BERITA TERPOPULER: Poster Penyambutan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia Disebut Mirip Poster Sinetronj Azab | Jaksa Pinangki, Hukumannya Dikurangi Statusnya Masih Belum Dipecat

Salah satunya, karena Pinangki dianggap sudah mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya.

Hakim juga mempertimbangkan Pinangki adalah seorang ibu dari anak berusia empat tahun sehingga layak diberi kesempatan untuk mengasuh dan memberi kasih sayang kepada anaknya dalam masa pertumbuhan.

Padahal dalam persidangan Pinangki diyakini menerima uang 500.000 dollar AS dari Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra sebagai uang muka terkait kepengurusan fatwa.

Fatwa itu menjadi upaya agar Djoko Tjandra dapat kembali ke Indonesia tanpa menjalani vonis dua tahun penjara di kasus korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali.

Sementara itu, Pinangki juga diyakini melakukan tindak pidana pencucian uang sebesar 450.000 dollar dengan membeli mobil BMW X5, membayar dokter kecantikan di AS, hingga membayar tagihan kartu kredit.

Baca Juga: Enak Betul Jadi Tersangka Korupsi Seperti Jaksa Pinangki, Sudah Terima Suap 7 Miliar, Hukumannya Disunat Dari 10 Tahun Penjara Jadi 4 Tahun Penjara, Juga Belum Dipecat Dari Jabatannya Di Kejaksaan Agung Republik Indonesia

Terakhir, JPU meyakini Pinangki melakukan pemufakatan jahat bersama terdakwa Djoko Tjandra dan Andi Irfan Jaya untuk menjanjikan uang 10 juta dollar AS kepada pejabat Kejagung dan MA demi mendapatkan fatwa.

Source : Kompas.com

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest