Follow Us

Arti 'Viral Load' dalam Covid-19: Apakah Ini Menunjukkan Tingkat Keparahan Penyakit?

Adrie Saputra - Jumat, 14 Mei 2021 | 19:14
Ilustrasi virus corona.
Pixabay

Ilustrasi virus corona.

Suar.ID -Istilah "viral load" mengacu pada tingkat replikasi virus dalam tubuh, yang dapat diukur dalam sampel darah dan swab dari hidung maupun tenggorokan.

Bahkan pasien tanpa gejala dapat memiliki viral load yang tinggi, yang berarti jumlah penggandaan virus dalam tubuh inang.

Pemetaan viral load dapat menunjukkan perkembangan penyakit dan apakah pasien merespons dengan baik.

Sementara India menghadapi keparahan gelombang kedua pandemi COVID-19, banyak laporan berita mengutip istilah medis seperti viral load, RT-PCR, skor CT, dll.

Baca Juga: Biaya Sekolah Anaknya Super Fantastis, Nia Ramadhani Blak-blakan Ogah Anak-anaknya Kerjadi jadi Artis: Disekolahin Mahal-mahal ya Jadi Apa kek Gitu

(SARS-CoV-2), seseorang diresepkan untuk tes RT-PCR berbasis teknologi yang memungkinkan penghitungan viral load.Viral load pada Covid-19 dikaitkan dengan risiko penularan dan tingkat keparahan penyakit, seperti pada penyakit virus lainnya.

Baca Juga: Reino Barack Kepergok Bayar Nyicil Makanan Syahrini di Restoran Mewah, Tabiat Mantan Luna Maya Dibongkar sang Pramusaji

Apa arti istilah "Viral Load" pada Covid-19?

Begitu virus Covid-19 memasuki tubuh seseorang, ia menjadikannya inang dan mulai berkembang biak dengan cepat di dalam sel tubuh orang tersebut.

Dengan cara ini ia menginfeksi lebih banyak sel.

Viral load adalah ukuran jumlah total partikel virus di dalam individu.

Semakin banyak replikasi yang terjadi, semakin tinggi viral load.

Source : Times Now News

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest