Follow Us

Pesawat Pengintai AS Berulang Kali Dekati Wilayah Rusia, Krelim Kerahkan Jet Tempur MiG-31 Sambil Beri Peringatan Keras pada Amerika

Tatik Ariyani - Jumat, 07 Mei 2021 | 19:20
Jet Tempur MiG-31
insider.com

Jet Tempur MiG-31

Suar.ID - Sebuah jet tempur Rusia mencegat sebuah pesawat AS di tengah meningkatnya ketegangan antara Moskow dan Washington.

Pesawat tempur MiG-31 mencegat pesawat pengintai strategis RC-135 Angkatan Udara AS di atas Laut Chukchi, di perbatasan timur Rusia.

Laut Chukchi adalah perairan antara Samudra Arktik dan Selat Bering yang memisahkan Alaska dari Rusia.

Melansir Express.co.uk, Jumat (7/5/2021), Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa jet itu bertugas untuk "mengidentifikasi target udara dan mencegah pelanggaran perbatasan Federasi Rusia".

Baca Juga: George Blake, Mata-mata yang Beroperasi Sendiri, Melarikan Diri dan Habiskan Lebih dari 50 Tahun di Pengasingan Rusia

Sebuah pernyataan kepada badan baru Rusia itu berbunyi: "Penerbangan pesawat tempur Rusia itu dilakukan sesuai dengan aturan internasional yang ketat untuk penggunaan wilayah udara."

Selama beberapa pekan terakhir, Moskow telah mencegat sejumlah pesawat AS.

Bulan lalu, Kementerian Pertahanan Rusia merilis rekaman jet MiG-31 yang mencegat pesawat RC-135 di atas pantai Kamchatka di timur jauh Rusia.

Beberapa hari sebelumnya, sebuah pesawat tempur MiG-31 Rusia mengawal jenis pesawat pengintai AS yang sama di atas Samudra Pasifik.

Baca Juga: Bakal Pindah ke Luar Negeri, Ivan Gunawan Singgung Tabungan dan Duit di Hadapan Ayu Ting Ting usai Menikah: Gue Hidup Sama Lu Pasti Bahagia

Moskow sebelumnya telah memperingatkan peningkatan kegiatan pengintaian di dekat Rusia menimbulkan risiko meningkatnya ketegangan antara Kremlin dan Washington di tengah kekhawatiran atas konflik yang berkembang di Ukraina.

Editor : Tatik Ariyani

Baca Lainnya

Latest