Follow Us

Inilah Kekuatan Mengerikan Militer 'Tatmadaw' Myanmar yang Baru-baru Ini Melakukan Kudeta

Adrie Saputra - Kamis, 04 Februari 2021 | 12:30
Ilustrasi militer Myanmar
@myanmar.tatmadaw

Ilustrasi militer Myanmar

Suar.ID - Peta politik Myanmar baru-baru ini sedang mengalami guncangan besar.

Diberitakan secara global, Myanmar sedang mengalami detik-detik menegangkan Kudeta Militer.

Melansir dari Intisari-Online, tanggal 1 Februari kemarin, terjadi kudeta militer mengerikan di Myanmar.

Pemimpin de fakto Myanmar, Aung San Suu Kyi ditahan oleh pasukan militer Tatmadaw dengan Presiden yang gugur Win Myint serta pejabat lainnya.

Baca Juga: Punya Andil Besar Dalam Pembantaian Etnis Rohingya Di Myanmar, Inilah Sosok Jenderal Yang Pimpin Kudeta Militer Terhadap Pemerintahan Aung San Suu Kyi

Baca Juga: Militer Myanmar Bungkam Aktivis Online Setelah Tangkapi para Pimpinan Negara, PBB Janji Akan Gagalkan Kudeta Myanmar dengan Segala Cara

Kudeta militer ini dilaksanakan oleh militer Myanmar, Tatmadaw, dengan tuduhan adanya kecurangan pada pemilu sebelumnya yaitu pada November 2020 lalu.

Pemilu November 2020 itu melibatkan dua partai, partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) yang dipimpin Aung San Suu Kyi, dan juga Partai Gabungan Perkembangan dan Solidaritas (USDP), oposisi NLD dan juga partai yang didukung militer di Myanmar.

Kenyataannya, NLD mendapatkan hasil lebih baik dari pemilu sebelumnya di tahun 2015 silam, sementara hasil kurang bagus didapatkan partai USDP.

Meski begitu kudeta tetap terjadi dan pemerintahan demokrasi digulingkan oleh militer Myanmar, meskipun mereka berjanji menghormati dan melindungi Konstitusi negara hanya 2 hari.

Baca Juga: Dijuluki Senjata Militer Terkuat di Dunia, Bukan Main Kekuatan Ledaknya bisa Hancurkan Seluruh Dunia! Ternyata Dimiliki oleh Negara yang tak Disangka Ini

Pada tanggal 30 Januari, Tatmadaw maju dan mengumumkan status darurat satu tahun beberapa jam sebelum Parlemen harusnya melanjutkan pekerjaan setelah pemilu.

Source : intisari-online.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest