Follow Us

Mimpi Buruk Irak jadi Kenyataan, 24 Jet Tempur Operasi Babilon Israel tiba-tiba Membumihanguskan Reaktor Nuklir yang Dibangga-banggakan Saddam Husein!

Ervananto Ekadilla - Jumat, 16 Oktober 2020 | 10:30
Pesawat jet tempur F-16.
National Interest

Pesawat jet tempur F-16.

Suar.ID- Irak sempat mendapat serangan mendadak dari Israel.

Dengan 24 pesawat tempur Angkatan Udara Israel, seolah menjadi mimpi buruk bagi Irak.

Pada 7 Juni 1981 siang, 24 pesawat tempur yang terdiri atas F-15 dan F-16 yang sudah dimodifikasi, lepas landas dari pangkalan Beersheba.

Sejumlah pesawat tempur F-15 dan F-16 juga terbang menuju Irak.

Baca Juga: Sudah Jadi Budak Seks oleh ISIS, Wanita Ini Juga Enggak Sadar Telah Memakan Bayinya Sendiri yang Dihidangkan dalam Sepiring Nasi

Formasi terbang dua lusin pesawat tempur yang memiliki sandi 'Operasi Babilon' (Operation Babylon) itu merupakan manuver “intelijen” karena semua pesawat tempur terbang rapat di atas Boeing 707 Israel.

Jika dilihat dari bawah, maka yang tampak adalah badan Boeing 707, pesawat komersial yang biasa lewat di jalur penerbangan resmi.

Namun sesungguhnya, Boeing 707 itu merupakan pesawat tanker raksasa yang berfungsi untuk air refueling bagi semua jet tempur Israel ketika penerbangannya mulai mencapai separuh wilayah Irak.

Selain dikamuflase oleh Boeing 707, armada jet tempur Israel juga dibantu oleh pesawat yang dioperasikan untuk perang elektronika (electronic warfare & communications).

Baca Juga: Situasi Timur Tengah kian Memanas, 15 Roket Siluman Hantam Pangkalan Militer AS di Irak, 2 tentara Amerika Meregang Nyawa

Tujuan penggunaan pesawat untuk peperangan elektronik itu adalah untuk mengkoordinasi komunikasi dan komando di udara.

Saat tiba di atas wilayah Irak dan tinggal menempuh setengah perjalanan menuju Tuwaitha, semua jet tempur mengisi bahan bakar di udara.

Source : intisari.id

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest