Follow Us

Sering Banget Dilakukan, Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa dan Sahur Rupanya Menyimpan Bahaya Tersembunyi! Begini Penjelasan Ahli

Ervananto Ekadilla - Rabu, 29 April 2020 | 12:15
Makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur dapat menurunkan imunitas.
Tribun Kesehatan

Makan berlebihan saat berbuka puasa dan sahur dapat menurunkan imunitas.

Suar.ID - Puasa dapat meningkatkan imunitas tubuh berdasarkan hasil penelitian.

Hal itu terjadi karena organ dalam tubuh melakukan detoksifikasi lebih banyak mengingat makan yang masuk hanya sedikit.

Imun yang baik ini juga sangat diperlukan saat berpuasa di tengah pandemi virus corona (covid-19) agar tubuh dapat melawan virus yang masuk.

Namun harus hati-hati, sistem imun juga bisa menurun di tengah puasa cuma karena makanan yang dikonsumsi lho!

Baca Juga: Dianjurkan oleh Rasulullah, Pakar Beberkan Alasan Kurma baik Dikonsumsi saat Berbuka Puasa dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Lebih detil Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. Arti Indira SpGK menjelaskan makanan bisa menurunkan imum tubuh kalau dikonsumsi berlebihan sehingga bisa menimbulkan penyakit lain.

"Yang dikhawatirkan sistem imun turun karena asupan tidak sesuai yang aturan 1.500 kalori per hari, malah pola makan tidak sesuai kebutuhan itu yang membuat sistem imun turun jadi tidak membaik," ungkap Dr. Arti saat live di instagram buku erlangga, Kamis (23/4/2020), melansir dari Tribun Kesehatan.

Maka yang perlu diingat saat makan sahur maupun buka puasa adalah sesuaikan dengan isi piringku dari Kementerian Kesehatan.

Komposisinya adalah makanan pokok seperti nasi 2/3 dari setengah piring, lauk lauk 1/3 piring dari setengah piring, sayur 2/3 dari setengah piring, sayur 2/3 piring, buah dan air putih.

Baca Juga: Belum Ada Sebulan Jadi Mualaf, Kekasih Cita Citata Malah Lakukan Hal Ini Setelah Buka Puasa Perdana: Roy Kaget Ya

"Pola makan apa yang sebaiknya, ya piring sesuaikan dengan isi piring saran Kemenkes, perbanyak sayur, buah, cairan," ungkap Dr. Arti.

Kemudian jika pola makan sudah baik baru tambahkan dengan suplementasi vitamin C, D, A, Zinc dan selenium. (Tribun Kesehatan)

Source : Tribun Kesehatan

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest