Follow Us

Terus Pantau Perkembangan di Arab Saudi, Kemenag Siapkan 2 Skema Penyelenggaraan Haji, Apa saja?

Ervananto Ekadilla - Jumat, 27 Maret 2020 | 17:45
Kemenang siapkan 2 sekma penyelenggaraan haji.
Birmingham Mail

Kemenang siapkan 2 sekma penyelenggaraan haji.

Suar.ID - Kementerian Agama masih terus memantau perkembangan kebijakan Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji 2020 sehubungan masih mewabahnya virus corona di Tanah Suci.

Bersamaan dengan itu, Kementerian Agama juga menyiapkan dua skema penyelenggaraan haji.

Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, Indonesia menyiapkan dua skenario untuk penyelenggaraan haji tahun ini, yakni tetap diselenggarakan atau dibatalkan.

Baca Juga: Beginilah Kondisi Perjalanan Haji Tahun 1800-an Bagi Jamaah Indonesia: 6 Bulan Terancam Kelaparan, Diterjang Badai, Melawan Perompak dan Wabah Penyakit

"Kemenag terus mengikuti dan memantau perkembangan kebijakan Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan haji, termasuk perkembangan pembatasan ibadah yang dilakukan Saudi di dua kota suci, Makkah dan Madinah."

"Kita juga menyiapkan mitigasi kalau pelaksanaan ibadah haji dibatalkan oleh Pemerintah Arab Saudi," ujar Fachrul Razi dalam keterangannya di Jakarta, melansir dari Tribunnews, Jumat (27/3/2020).

Sampai saat ini persiapan layanan di Arab Saudi, baik terkait pengadaan layanan akomodasi, transportasi darat, dan katering terus berjalan.

Namun, sesuai surat dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, pembayaran uang muka belum dilakukan, demikian pula untuk penerbangan.

Baca Juga: Menko PMK Muhajir Effendy Bilang Orang Kaya Mesti Nikahi Orang Miskin, Benarkah Ini Solusi Atasi Kemiskinan?

"Proses pengadaan layanan juga terus berjalan hingga kontrak, namun belum ada pembayaran uang muka," kata Fachrul Razi.

Di dalam negeri, pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) juga masih berproses.

Source : Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest