Follow Us

China Kini Jadi harapan Dunia untuk Lumpuhkan Virus Corona, Negeri Panda Itu Bongkar 3 Strategi Ampuh Perangi Covid-19!

Adrie P. Saputra - Senin, 23 Maret 2020 | 15:00
Xi jinjing - ilustrasi dokter menangani virus corona
Tangkap layar BBC - Worldofbuzz

Xi jinjing - ilustrasi dokter menangani virus corona

Suar.ID - Setelah sempat terpuruk karena virus corona, kini Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, perjuangan China melawan wabah virus corona memberikan secercah harapan bagi dunia.

Salah satu alasan mengapa WHO mengatakan itu adalah selama tiga hari beruntun, Wuhan, kota tempat wabah terdeteksi, tidak melaporkan infeksi domestik.

Selain itu dalam empat hari terakhir, mereka hanya melaporkan satu kasus internal. Perkembangan signifikan setelah pada awal wabah terjadi kekacauan.

Baca Juga: Berniat Cari Untung di Tengah Kondisi Darurat Global, Seorang Pria Dipolisikan Setelah Jual Alat Perawatan Virus Corona Palsu dan Kirim ke Seluruh Dunia

Meski begitu, ada pakar yang meragukan langkah-langkah Beijing dalam mengatasi virus corona sukar diikuti negara lain, terutama negara Barat.

Ahli merujuk kepada sistem Beijing yang terpusat, pemerintahan satu partai yang tak memungkinkan perbedaan pendapat, hingga memobilisasi sumber daya untuk satu isu.

Dilansir AFP Minggu (22/3/2020), metode Negeri "Panda" memulihkan diri dari Covid-19 bisa dimampatkan dalam tiga strategi.

Baca Juga: Masih Banyak yang Nongkrong Meski Kini Darurat Corona, Polisi Pun Paksa Pengunjung Kafe di Surabaya Bubar: Saya Beri Waktu 10 Menit!

1. Tutup dan tahan

Pada Januari, China secara efektif menutup Wuhan, menempatkan 11 juta penduduknya dalam karantina ketat. Langkah yang kemudian diikuti kota lain di Provinsi Hubei.

Sementara di wilayah lain seantero China, pemerintah setempat berkeras melarang warganya untuk tidak keluar dan diam saja di rumah.

Ratusan juta warga Negeri "Panda" di hidup di lingkungan padat. Sehingga komite masyarakat setempat bisa berpatroli dan mengawasi mereka.

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest