Follow Us

Paket dari China Disebut Tak Aman hingga Masker Diklaim dapat Melindungi, Inilah 11 Mitos Virus Corona yang Tak Perlu Dipercaya

Rina Wahyuhidayati - Selasa, 03 Maret 2020 | 17:30
Inilah 11 Mitos Virus Corona yang Tak Perlu Dipercaya
Kolase Daily Star

Inilah 11 Mitos Virus Corona yang Tak Perlu Dipercaya

Suar.ID - Virus corona atas Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 telah menginfeksi hampir 90.000 orang di seluruh dunia.

Pada Senin (2/3/2020), Presiden Jokowi mengonfirmasi dua kasus Covid-19 baru di Indonesia. Seiring dengan pemberitaan tersebut, aneka kabar burung menyebar luas di dunia maya.

Sayangnya, banjir informasi tanpa henti ini kadang sulit untuk memisahkan antara fakta dan mitos.

Berikut adalah 11 mitos atau rumor yang salah terkait wabah Covid-19 dan sebenarnya bisa berbahaya, seperti dilansir Live Science, Sabtu (29/2/2020).

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah Paham, Fakta Terbaru Virus Corona Tunjukkan Ternyata Tidak Berasal dari Pasar Seafood di Kota Wuhan, Lalu dari Mana dong?

1. Mitos: Masker wajah dapat melindungi diri dari virus

Penting diketahui, masker bedah standar tidak dapat melindungi diri dari SARS-CoV-2.

Pasalnya, masker wajah tidak dirancang untuk memblokir partikel virus untuk mengenai wajah.

Namun, masker dapat membantu mencegah orang yang terinfeksi menyebarkan virus ke orang lain dengan memblokir percikan partikel pernapasan yang dikeluarkan dari mulut.

Ini artinya, tidak semua orang perlu mengenakan masker. Dilansir dari laman Forbes, spesialis pencegahan infeksi Eli Perencevich, MD, seorang profesor kedokteran dan epidemiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Iowa, mengatakan bahwa orang sehat tidak membutuhkan masker wajah jenis apa pun.

"Rata-rata orang yang sehat tidak perlu memakai masker. Tidak ada bukti bahwa memakai masker pada orang sehat akan melindungi diri dari virus," kata Perencevich.

Perencevich pun mengatakan, pemakaian masker yang salah seperti sering menyentuh wajah saat memakai masker dapat meningkatkan risiko infeksi.

Source : Kompas.com

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest