Follow Us

Wilayah Kedaulatan Indonesia Dilecehkan oleh berbagai Negara, Menhan Prabowo Subianto Berencana Borong 48 Jet Tempur Gahar Ini!

Ervananto Ekadilla - Kamis, 23 Januari 2020 | 16:00
Wilayah Kedaulatan Indonesia Dilecehkan oleh berbagai Negara, Menhan Prabowo Subianto Berencana Borong 48 Jet Tempur Gahar Ini!
Kolase Kompas.com

Suar.ID - Baru-baru ini terdengar kabar bahwa Indonesia berminat membeli 48 pesawat jet tempur Rafale dari Perancis.

Kabar ini diberitakan oleh situs berita Perancis, La Tribune, 17 Januari lalu.

Diberitakan oleh La Tribune, Selasa (21/1/2020), minat Pemerintah Indonesia kepada jet tempur Rafale diutarakan oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto saat melakukan kunjungan ke Perancis.

Menurut sumber internal La Tribune, pembelian ini akan diwujudkan dalam kesepakatan antar-pemerintah Perancis dan Indonesia, yang diharapkan bisa dicapai dalam waktu dekat.

Baca Juga: Tak Mau Buru-buru Langsung Hajar dengan Pasukan Militer, Ternyata Diam-diam Prabowo Sudah Lakukan Ini untuk Hadapi Kapal-kapal China di Natuna, Efektifkah?

Rafale adalah jet tempur multirole buatan Dassault Aviation.

Pesawat ini telah memiliki banyak pengalaman di medan perang, seperti di Afghanistan, Libya, Mali, Irak, dan Suriah.

Nama Rafale sendiri sudah didengung-dengungkan bakal diboyong ke Indonesia, sejalan dengan dipensiunkannya armada pesawat F-5E/F II Tiger milik TNI-AU, pada 2015 lalu.

Selain Rafale, kandidat pengganti F-5E/F II TNI AU antara lain adalah F-16 Block 60 dari Amerika Serikat, Su-35 dari Rusia, Eurofighter Typhoon dari konsorsium Eropa, serta Saab Gripen dari Swedia.

Baca Juga: China Mengklaim Natuna secara Sepihak, Menhan Prabowo Subianto akan segera Bangun Pangkalan Militer Strategis, Presiden Jokowi: Kedaulatan Itu tidak bisa Ditawar-tawar!

Dassault Rafale sendiri sudah beberapa kali mampir ke Indonesia di pangkalan udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, seperti pada 2015 lalu.

Source : Kompas.com, CNN, La Tribune, Dassault Aviation, Military Factory, Aircraft Compare

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest