Follow Us

Jarang yang Tahu, Ternyata Inilah Alasan Nadiem Makarim Hapus UN pada Tahun 2021!

Ervananto Ekadilla - Jumat, 13 Desember 2019 | 19:00
Jarang yang Tahu, Ternyata Inilah Alasan Nadiem Makarim Hapus UN pada Tahun 2021!
TIME

Suar.ID - Seperti yang diketahui sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memiliki wacana untuk menghapuskan Ujian Nasional (UN).

Kini Nadiem Makarim pun akhirnya membeberkan program pengganti Ujian Nasional ini.

Melansir dari Tribunnews, meski mengganti Ujian Nasional dengan program baru, Nadiem Makarim tetap memastikan program UN akan tetap dilaksanakan pada 2020 nanti.

Namun, pada 2021 program ini akan digantikan dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim akan Hapus Ujian Nasional 2021 yang Bikin Guru dan Siswa Merdeka, Mantan Wakil Presiden Ini Justru Khawatirkan Nasib Generasi Muda

"Pada tahun 2021, UN itu akan diganti menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter," ujar Nadiem saat Rapat Koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

Nadiem mengungkapkan UN tetap dipertahankan pada 2020 dengan pertimbangan telah dilakukan persiapan oleh pihak sekolah dan siswa untuk menghadapinya.

"Untuk 2020, UN akan dilaksanakan sesuai seperti tahun sebelumnya.

"Jadi 2020, bagi banyak orang tua yang sudah investasi buat anaknya belajar mendapat angka terbaik di UN itu silakan lanjut untuk 2020.

"Tapi itu hari terakhir UN seperti format sekarang diselenggarakan," tutur Nadiem.

Baca Juga: Sosok Istri Nadiem Makarim jadi Sorotan, Tampil Sederhana Tapi Tetap Memesona saat Hadiri Perayaan Hari Dongeng Nasional

Source : Kompas.com, Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest