Follow Us

Mendikbud Nadiem Makarim akan Hapus Ujian Nasional 2021 yang Bikin Guru dan Siswa Merdeka, Mantan Wakil Presiden Ini Justru Khawatirkan Nasib Generasi Muda

Ervananto Ekadilla - Kamis, 12 Desember 2019 | 19:00
Mendikbud Nadiem Makarim akan Hapus Ujian Nasional 2021 yang Bikin Guru dan Siswa Merdeka, Mantan Wakil Presiden Ini Justru Khawatirkan Nasib Generasi Muda
Kolase Kompas.com dan TIME

Suar.ID - Kebijakan baru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, menghapus Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), tentu saja membuat anak-anak sekolah dan orangtuanya gembira.

Karena memang selama ini UN atau USBN menjadi hal yang menakutkan bagi para siswa.

Namun penghapusan UN bagi para siswa sekolahan tidak membuat semua pihak senang.

Salah satunya adalah mantan Presiden RI Jusuf Kalla.

Baca Juga: Sosok Istri Nadiem Makarim jadi Sorotan, Tampil Sederhana Tapi Tetap Memesona saat Hadiri Perayaan Hari Dongeng Nasional

Mengenai penghapusan UN dan USBN ini, secara terang-terangan tidak membuat mantan Presiden Jusuf Kalla gembira.

Karena, penghapusan UN dan USBN membuat pengukuran atau tolak ukur kualitas pendidikan di Indonesia menjadi sulit dilakukan.

Melansir dari Kompas.com, Jusuf Kalla mengatakan UN masih relevan sebagai alat tolak ukur kualitas pendidikan di Indonesia.

"UN masih relevan diterapkan," kata Jusuf Kalla usai menerima penganugerahan doktor honoris causa di bidang penjaminan mutu pendidikan dari Universitas Negeri Padang, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga: Inilah Isi Lengkap dari Naskah Pidato Nadiem Makarim yang akan DIsampaikan pada Hari Guru: Saya akan Berjuang untuk Kemerdekaan Belajar di Indonesia!

Jusuf Kalla mengatakan jika UN dihapuskan maka pendidikan Indonesia akan kembali seperti sebelum tahun 2003 dimana UN belum diberlakukan.

Source : Kompas.com, Tribunnews

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest