Follow Us

Lumayan Dapat Rp 1,2 Juta, Kapan BLT UMKM 2023 Cair? Ini Info Terbarunya!

Adrie Saputra - Jumat, 10 Februari 2023 | 14:01
Lumayan Dapat Rp 1,2 Juta, Kapan BLT UMKM 2023 Cair? Ini Info Terbarunya!
Kompas.com

Lumayan Dapat Rp 1,2 Juta, Kapan BLT UMKM 2023 Cair? Ini Info Terbarunya!

Suar.ID - Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM bagi pelaku usaha sangatlah membantu roda perekonomian mereka.Seperti yang diketahui, BLT UMKM sempat cair pada tahun 2022.

BLT tersebut bertujuan untuk membuat ekonomi Indonesia kembali pulih pasca pandemi.

BLT UMKM diharapkan mampu menjaga stabilitas ekonomi Indonesia di tengah proyeksi inflasi yang ada.

Saat ini angka covid di Indonesia kian menurun, namun beberapa pelaku usaha mungkin masih ada yang terkena dampak dari pandemi.

Mungkin banyak orang masih berharap untuk mendapatkan BLT UMKM di tahun 2023 ini.

Lalu apakah tahun 2023 ini masih ada BLT UMKM?

Mengutip dari Kompas.com, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan program BLT UMKM pada tahun 2023 alias dihapus.Teten menjelaskan, program BLT UMKM yang besarannya Rp 1,2 juta per penerima ini dihentikan lantaran keadaan pelaku UMKM dinilai sudah pulih.

"Per hari ini pemerintah merasa UMKM sudah cukup, sudah survive, program hibah UMKM tidak diperlukan lagi," kata Teten Masduki yang dikutip dari Kompas.com.

Walau demikian, Teten mengatakan, pihaknya akan tetap melanjutkan program tersebut bilamana keadaan UMKM merosot layaknya ketika awal Pandemi Covid-19 menghantam.

"Kita akan lihat ya, yang jelas pemerintah tetap siaga untuk melihat perkembangan-perkembangan ekonomi tahun depan," ujar Teten.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin memastikan bahwa pemerintah akan tetap melakukan evaluasi atas penghentian BLT UMKM.

Ma'ruf mengatakan, pemerintah tidak ingin penghapusan program tersebut menurunkan pergerakan roda ekonomi UMKM.

"Pemerintah akan terus mengevaluasi apakah setelah dihentikan itu nanti tidak menjadi masalah, artinya tidak menjadi penurunan," kata Ma'ruf di kawasan Matraman, Jakarta pada Jumat (6/1/2023).Baca Juga: Ibu Hamil Dapat Rp750 Ribu, Simak Jadwal BLT PKH Tahap 1, Cair Kapan?

Source : Kompas.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest