Follow Us

Unik Banget! Pulau Ini Terlihat seperti Sidik Jari Bila DIlihat dari Atas, Seperti Apa Ya Kalau Dilihat dari Dekat?

Adrie Saputra - Kamis, 02 Desember 2021 | 12:30
Pulau Sidik Jari Baljenac.
Facebook

Pulau Sidik Jari Baljenac.

Suar.ID - Bila Anda bertanya-tanya tentang Pulau unik yang ada di muka bumi, maka Baljenac adalahs alah satunya.

Terletak di lepas pantai Kroasia, di Laut Adriatik, Baljenac adalah pulau kecil yang terlihat seperti sidik jari raksasa jika dilihat dari atas.Pulau Baljenac yang berbentuk oval dan ditutupi oleh jaringan dinding batu kering sepanjang 23 kilometer.

Baca Juga: Viral Sosok Misterius Kirimi Dua Peti Mati kepada Seorang Wanita yang Masih Hidup hingga Buat Geger Satu Desa, Diduga Ini Latar Belakangnya

Anda mungkin akan mengira itu adalah labirin kuno jika dinding batu itu menjulang tinggi.

Namun dinding itu ternyata tidak tinggi dan jauh dari kesan labirin.

Faktanya, dinding batu di pulau itu hanya setinggi pinggang dan dirancang semata-mata untuk membuat pertanian lebih mudah di tempat yang tidak ramah.

Baca Juga: Ogah Pakai Bahasa Indonesia, Timor Leste Mantap Gunakan Dialek Ini Sebagai Bahasa Nasional, Sejarahnya jadi Sorotan

Medan berbatu dan angin kencang tidak begitu ideal untuk budidaya tanaman, jadi penduduk pulau terdekat Kaprije membangun tembok batu ini untuk memisahkan tanaman mereka dan memberi mereka perlindungan.

Ini adalah teknik yang digunakan di bagian lain Eropa, seperti Inggris atau Irlandia, tetapi tidak ada tempat lain yang meniru pola sidik jari manusia seperti di Pulau Baljenac.Pulau tak berpenghuni ini memiliki permukaan hanya 0,14 kilometer persegi, tetapi memiliki 23 kilometer dinding yang dibuat hanya dengan menumpuk batu.

Pulau Sidik Jari Baljenac.
Facebook

Pulau Sidik Jari Baljenac.

Sejak foto udara Baljenac mulai menyebar di internet, popularitas pulau sidik jari telah berkembang pesat seperti halnya kehadiran turis di daerah tersebut.

Meskipun penduduk setempat menyambut pengunjung, beberapa khawatir tentang kerusakan tembok oleh tangan wisatawan yang nakal.

Baca Juga: Bawa Kado Mewah untuk Bayi Rayyanza, Raffi Ahmad Kaget Lihat Penampakan Kado dari Atta Halilintar Seharga Sepeda Motor

Pulau Sidik Jari Baljenac.
Facebook

Pulau Sidik Jari Baljenac.

Pemerintah Kroasia telah meminta agar UNESCO memasukkan pulau ini dalam daftar situs warisan dunianya, yang tidak hanya akan meningkatkan popularitasnya tetapi juga menjamin perlindungan Baljenac yang lebih tinggi dari pemerintah setempat.

Source : Oddity Central

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest