Follow Us

Waspada! Satu Keluarga Bisa-bisa Keracunan Jika Salah Olah Daging Ayam Ini Hingga Resikonya bagi Kesehatan

Rahma Imanina Hasfi - Jumat, 26 November 2021 | 07:07
Ilustrasi daging ayam
pixabay

Ilustrasi daging ayam

Suar.ID - Untuk sehat kita harus tahu ilmunya. Walau yang akan kita masak untuk anggota keluarga makanan bergizi, kaya protein, namun jika tidak tahu ilmu mengolahnya bahaya.

Sebab yang terjadi justru satu keluarga bisa keracunan makanan dan peralatan dapur juga makan di rumah bisa terkontaminasi bakteri jahat ini.

Oleh karenanya kita harus hati-hati betul dan kuasai ilmunya, minimal informasi mengenai mengolah makanan sumber protein hewani satu ini, mulai dari cara pra memasak hingga cara memasaknya.

Baca Juga: Iseng Minum Jus Tempe Tiap Hari, Wanita Ini Kaget Bukan Main Saat Dapatkan Manfaat yang Tak Terduga pada Tubuhnya!

Pra memasak adalah yang paling krusial dari makanan hewani satu ini. Karena salah perlakukan bakteri Campylobacter akan menjadi racun yang mengontaminasi ayam atau unggas.

Ketahuilah, memasak daging ayam yang sebelumnya dicuci adalah awal dari malapetaka yang bisa meracuni anggota keluarga.

Mengutip NHS UK, percikan air dari mencuci ayam di bawah keran dapat menyebarkan bakteri ke tangan, permukaan tempat mencuci dan mengolah makanan di dapur, pakaian, dan peralatan memasak, bahkan peralatan makan yang biasa ada ditempat mencuci piring.

Asal tahu saja, percikan air dari ayam menta yang dicuci bisa menyebar lebih dari 50cm ke segala arah.

Jadi semua benda dan permukaan yang ada di radius tersebut bisa terkontaminasi bakteri jahat yang bisa membuat manusia keracunan.

Baca Juga: Bisa Mengancam Nyawa Anda, Ini 4 Bahan Makanan Dan Bahan Dapur Yang Nggak Boleh Terlalu Lama Dimasak, Harusnya Menyehatkan Bisa Meracuni Kita

Terlebih lagi, hanya butuh beberapa sel campylobacter untuk menyebabkan keracunan.

Untuk diketahui, Campylobacter adalah penyebab paling umum keracunan makanan di Inggris.

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest