Follow Us

Ngakunya Musuh Taliban, Akhirnya Terbongkar Alasan ISIS-K Nekat Lakukan Bom Bunuh Diri di Kabul yang Menewaskan 103 Orang

Ervananto Ekadilla - Jumat, 27 Agustus 2021 | 20:39
Kelompok ISIS-K mengaku sebagai musuh Taliban, terungkap alasannya lakukan bom bunuh diri di Kabul.
OPIndia

Kelompok ISIS-K mengaku sebagai musuh Taliban, terungkap alasannya lakukan bom bunuh diri di Kabul.

Suar.ID - Ngakunya Musuh Taliban, Akhirnya Terbongkar Alasan ISIS-K Nekat Lakukan Bom Bunuh Diri di Kabul yang Menewaskan 103 Orang.

ISIS-K, afiliasi kelompok ISIL (ISIS) di Afghanistan mengklaim melakukan ledakan bunuh diri di luar bandara internasional Kabul, Afghanistan pada Kamis (26/8/2021).

Dilaporkan sebelumnya, seorang pelaku bom bunuh diri menyelinap ke kerumunan warga Afghanistan yang berkumpul di luar gerbang bandara.

Menurut laporan langsung Al Jazeera, kelompok ini mengaku bertanggung jawab atas serangan yang menewaskan 13 tentara AS dan 60 warga sipil dengan total 103 orang tewas melalui saluran beritanya, Amaq.

Baca Juga: Taliban Rupanya Punya Tentara Elite Bernama Badri 313 yang Punya Senjata Canggih Mengerikan ini, Pantas Saja Mudah Bikin Tentara AS Kocar-kacir!

Meskipun menjadi sasaran koalisi militer pimpinan AS selama bertahun-tahun, kelompok ini terus bertahan hingga melancarkan serangan baru pada Kamis.

Insiden itu terjadi di saat AS dan sekutu menarik pasukan dari Afghanistan dan Taliban berkuasa.

Belasan tentara AS tewas, membuat Presiden Joe Biden bersumpah akan membalas kelompok tersebut.

ISIS-K sendiri merupakan afiliasi ISIS (Islamic State of Iraq and Syria) atau juga disebut ISIL (Islamic State of Iraq and the Levant) yang aktif di Asia Tengah dan Asia Selatan.

Baca Juga: Kian Hari Kian Amburadul, Di Tengah Proses Evakuasi Warga Afghanistan, ISIS Malah Ganggu Aksi Penyelamatan ini, Diduga Ingin Rebut Kekuasaan Taliban

Cabang kelompok teroris ini muncul beberapa bulan setelah militan IS (Islamic State) melakukan serangan di Suriah dan Irak.

Source : Al Jazeera, Associated Press, Amaq

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest