Follow Us

Satu Indonesia Tertipu, Sering Kali Dianggap Lebih Aman dan Juga Sehat, Nyatanya Obat Herbal dan Pelangsing ini Bisa Sebabkan Kanker Hingga Gangguan Janin, Berikut Daftar Obat Berbahaya yang Dilarang BPOM

Aditya Eriza Fahmi - Minggu, 18 Juli 2021 | 12:01
Ilustrasi obat
freepik

Ilustrasi obat

Suar.ID - Obat-obatan herbal memang sering kali dianggap lebih aman bagi tubuh.

Pasalnya, obat herbal ini tak mengandung banyak bahan kimia.

Namun, kalau obat herbal yang dikonsumsi ternyata ilegal dan tak teruji ini secara klinis tentu saja malah lebih berbahaya.

Untuk menghindari berbagai ancaman yang mungkin terjadi kalau salah mengkonsumsi obat herbal, BPOM pun merilis daftar obat herbal yang ditarik dari pasaran karena mengandung bahan berbahaya.

Baca Juga: Penggemar Ceker Ayam Perlu Waspadai Hal Ini, Terlalu Sering Konsumsi Ceker Ayam Ternyata Bisa Menyebabkan Penyakit Serius, Berikut Penjelasan Ilmiahnya

Dilansir Nakita.ID, hal ini disampaikan melalui rilisannya bertanggal 14 November 2018 yang berisi penarikan ratusan produk kosmetik ilegal dan obat herbal yang dianggap mengandung bahan dilarang atau bahan berbahaya.

Pada keterangan ini, selama 2018 BPOM RI menemukan 112 miliar rupiah kosmetik dan atau mengandung bahan dilarang (BD)/bahan berbahaya (BB).

Mereka juga menemukan 22,13 miliar rupiah obat tradisional (OT) ilegal dan/atau mengandung bahan obat kimia (OBK).

Baca Juga: Jadi Makanan Favorit Pengantin Baru Gegara Disebut Bisa Bikin Subur, Ternyata Makan Tauge dengan Cara Ini Malah Beri Efek Buruk pada Tubuh

Temuan ini pun merupakan hasil pengawasan produk di peredaran secara rutin adanya kasus, maupun operasi penertiban ke sarana produksi, sarana distribusi atau retail.

Masih dari keterangan pers ini, temuan kosmetik itu didominasi oleh produk kosmetik yang mengandung merkuri, hirokinon, dan asam ratinoat.

Halaman Selanjutnya

freepik Ilustrasi obat
1 2 3

Source : Nakita.ID

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya

Latest