Follow Us

Gaji PRT Selama Pandemi Naik? Majikan Ini Syok Bukan Main Saat Wawancara dengan Calon Pembantu: Minta Gaji Rp 9 Juta per Bulan dan Tidak Mau Cuci Mobil

Adrie Saputra - Minggu, 27 Juni 2021 | 15:01
Ilustrasi PRT
Tangkap Layar Kompas.com

Ilustrasi PRT

Suar.ID - Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 hingga kini belum berakhir.

Dengan pandemi Covid-19 yang membatasi perjalanan, banyak majikan di Singapura ternyata merasa sulit untuk mempekerjakan pekerja rumah tangga (PRT) asing baru.

Mengutip dari The Straits Times, jumlah PRT yang tersedia kini terbatas.Mengutip dari Asia One, Kementerian Tenaga Kerja juga telah mengumumkan bahwa semua persetujuan masuk baru untuk pemegang izin kerja dari negara-negara dengan risiko Covid-19 yang lebih tinggi akan dihentikan.

Baca Juga: Dinda Hauw Diserang Netizen Usai Melahirkan, Rey Mbayang Langsung Pasang Badan: Kalian yang Menabur, Kalian yang Menuai!

Mungkin karena kelangkaan PRT, gaji PRT juga menjadi naik.Seorang majikan asal Singapura yang tidak puas, baru-baru ini curhat ke Facebook.

Baca Juga: Memilukan, tak bisa Percaya Sang Suami telah Meninggal Dunia, Artis Cantik Ini Alami Trauma Berat hingga Mesti Konsultasi ke Dokter Kejiwaan: Aku Susah Ngebedain antara Nyata dan Mimpi

Dia menggambarkan wawancaranya baru-baru ini dengan seorang PRT pindahan di Singapura.Dalam postingannya, majikan menyatakan bahwa dia baru saja mewawancarai PRT asing yang meminta 900 dolar Singapura (sekitar Rp 9 juta) sebulan, yang termasuk setidaknya dua hari libur.Sayangnya PRT itu tidak mau mencuci mobil dan meminta untuk mengepel lantai "pada hari-hari lain".

Unggahan seorang majikan di Singapura
Asia One

Unggahan seorang majikan di Singapura

Majikan itu menulis, "Saya mengatakan kepadanya bahwa tidak ada orangtua atau anak-anak, hanya pekerjaan rumah tangga dan memasak."

"Jadi jika dia mengepel dihari tertentu, apa yang akan dia lakukan pada hari alternatif lainnya."Tidak mengherankan, negosiasi akhirnya gagal.

Baca Juga: Ada Apa Ini? Anak Krisdayanti dan Raul Lemos Ini Mendadak jadi Sorotan dan Mendapat Banyak Pujian dari Netizen!

"Jelas wawancara itu tidak berhasil karena dia merasa saya bukan majikan yang dia inginkan," tulisnya.

Menurut laporan lain oleh The Straits Times, gaji untuk PRT asiing telah meningkat di Singapura.

Seorang PRT berpengalaman dari Filipina dapat memperoleh gaji hingga 900 dolar Singapura (sekitar Rp 9 juta), naik dari 700 dolar Singapura (sekitar Rp 7 juta).

Source : Asia One, The Straits Times

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest