Inilah Penampakan Ikan Tertua dari Zaman Dinosaurus, Ditemukan Masih Hidup di Lepas Pantai Madagaskar

Rahma Imanina Hasfi - Sabtu, 29 Mei 2021 | 17:36
Fosil coelacanth dalam bentuk utuh
Nationalgeographic

Fosil coelacanth dalam bentuk utuh

Suar.ID - Ikan yang diperkirakan hidup sebelum dinosaurus dan diyakini telah punah ditemukan hidup-hidup di Samudra Hindia.

Sekelompok pemburu hiu Afrika Selatan tak sengaja menemukan populasi ikan yang diyakini telah lama punah oleh komunitas ilmiah.

Populasi ikan tersebut bukan hewan laut biasa karena ikan ini diketahui sudah hidup di zaman dinosaurus.

Baca Juga: Kedengarannya Mungkin Aneh, Tapi Studi Baru Menjelaskan Mengapa Dinosaurus Memakan Batu, Benarkah Itu?

Ikan coelacanth atau yang dikenal sebagai ikan fosil berkaki empat diketahui sudah eksis di lautan planet ini 420 juta tahun yang lalu.

Kini, dalam sebuah laporan terbaru, coelacanth ditemukan hidup dengan sehat di Samudera Hindia Barat di lepas Pantai Madagaskar.

Mengutip Newsweek via Kompas.com, Selasa (25/5/2021) keberadaan coelacanth ini kembali terdeteksi berkat nelayan yang menggunakan jaring dalam ekspedisi berburu hiu.

Jaring berteknologi tinggi yang seharusnya digunakan untuk menangkap hiu itu mencapai tempat berkumpulnya ikan coelacanth yang berada di 100 hingga 150 meter di bawah permukaan air.

Mengutip Gizmodo, bukti keberadaan ikan coelacanth ini sebenarnya diketahui pertama kali pada 1938.

Saat itu sekelompok nelayan juga menemukan ikan purba tersebut.

Coelacanth, spesies ikan yang hidup di bumi 420 juta tahun lalu, baru-baru ini ditemukan kembali di lepas pantai Afrika Selatan