Follow Us

Tujuh Perdana Menteri Inggris Terlama Menjabat, Bahkan Hingga 20 Tahun Tinggal di Rumah Dinas, Siapakah Dia?

K. Tatik Wardayati - Minggu, 02 Mei 2021 | 06:33
Wanita Inggris yang mengubah dunia, termasuk Ratu Elizabeth I dan Margaret Thatcher.
kolase Intisari

Wanita Inggris yang mengubah dunia, termasuk Ratu Elizabeth I dan Margaret Thatcher.

Suar.ID – Bulan April 1721 seseorang menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris terlama.

Siapakah Perdana Menteri yang menikmati masa jataban yang lama di posisi puncak tersebut?

Porsi terpanjang ke-7: Margaret Thatcher:

Waktu di kantor: 11 Tahun, 208 Hari

Baca Juga: Hilang 74 Tahun, Tank Amfibi Angkatan Darat Inggris Ini Akhirnya Ditemukan di Tempat yang Tak Terduga, Butuh 5 Hari Penggalian

Selain menjadi Perdana Menteri lebih lama dari siapa pun di abad ke-20, Margaret Thatcher juga tokoh paling kontroversial yang memegang jabatan itu.

Dipuja dan dibenci dalam ukuran yang sama, dia dielu-elukan oleh banyak orang sebagai pendukung kuat kapitalisme pasar bebas, yang dipuji karena telah mengembalikan Inggris ke jalan menuju kemakmuran setelah kegelisahan ekonomi pada akhir tahun 1970-an.

Namun, waktunya di Rumah Dinas Nomor 10, yang terbentang dari 1979 hingga 1990, ditandai oleh perselisihan domestik, dengan penutupan tambang massal yang menyebabkan protes pahit dan Thatcher menggambarkan penambang yang mogok sebagai 'musuh di dalam'.

Perang Falklands dan pemboman hotel Brighton, ketika Thatcher nyaris terbunuh dalam serangan IRA yang menghancurkan yang menewaskan lima orang lainnya, termasuk di antara babak dramatis dalam sebuah perdana menteri yang masih menimbulkan perdebatan sengit hingga hari ini.

Baca Juga: Nggak Sabar Nunggu Sampai Sehabis Lebaran, Ustaz Abdul Somad Resmi Menikah Dengan Fatimah Az Zahra Yang Masih 19 Tahun, Kepsyennya Pakai Bahasa Inggris

Porsi terpanjang ke-6: Frederick North

Waktu di kantor: 12 Tahun, 58 Hari

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest