Hilang 74 Tahun, Tank Amfibi Angkatan Darat Inggris Ini Akhirnya Ditemukan di Tempat yang Tak Terduga, Butuh 5 Hari Penggalian

Sabtu, 01 Mei 2021 | 11:47
Crowland Buffalo Lvt

Tank amfibi yang ditemukan Daniel

Suar.ID -Seorang petani bernama Daniel Abbott memecahkan misteri 74 tahun setelah dia menemukan tank Buffalo seberat 20 ton yang hilang.

Tank itu dulunya tersapu dan tenggelam saat banjir pada tahun 1947 dan tidak pernah terlihat sejak itu.

Daniel Abbott telah menghabiskan tiga tahun terakhir memeriksa catatan dan menjelajahi daerah Crowland, Lincolnshire, Inggris, untuk mencoba menemukan tank militer Buffalo.

Daniel kemudian menemukan lokasi tank amfibi yang beratnya 20 ton tersebut.

Baca Juga: Ngeri, Nekat Cincang Tubuh Pelanggan Sendiri dan Sajikan di Menu Dagangan, Pemilik Warung Mi Ini Kepergok Sembunyikan Jasad Korban di Septic Tank

Melansir Daily Star,Jumat (30/4/2021), tank tersebut terkubur di bawah 30 kaki (sekitar 9 meter) tanah liat di bawah Cambridgeshire Fens selama 74 tahun.

Daniel pun mulai menggalinya. Daniel merupakan ketua Crowland Buffalo LVT - sebuah kelompok yang bertujuan untuk menyimpan informasi sejarah di daerah tersebut.

Dia mengatakan bahwa timnya harus melakukan "banyak penggalian dengan tangan" serta menggunakan mesin dari Dewan Drainase Tingkat Utara ( NLIDB) untuk memunculkan kendaraan tersebut.

Daniel berkata: "Saya tidak bisa mempercayainya. Itu adalah momen yang sangat emosional. Saya gugup sepanjang hari karena ini semua telah menjadi bagian besar dari hidup saya.

Baca Juga: Gabungan Militer Rusia-China Lebih Kuat Dibanding AS: Dengan Kapal Perang, Tank dan Nuklir Lebih Banyak

Geoff Robinson

Penggalian tank amfibi

Tank LVT-4 sepanjang 26 kaki (sekitar 8 meter) adalah salah satu dari 16 kendaraan Angkatan Darat yang dibawa untuk bertindak sebagai pelindung banjir di desa Crowland selama banjir tahun 1947.

Ada 50 orang yang bekerja untuk menggali tank itu.

NLIDB memperkirakan bahwa mereka menggali sekitar 4.500 ton tanah liat selama operasi lima hari tersebut.

Pengawas pekerjaan, Nick Day, berkata: “Sebagai otoritas pertahanan banjir, kami menaruh minat dan dengan senang hati menyumbangkan mesin kami.

“Pemindaian darat telah dilakukan tetapi ada kemungkinan itu hanya bak ternak di sana. Tapi harapan kami meningkat saat kami mencium bahan bakar di air tanah."

Dia menambahkan: "Ketika (tank) Buffalo melepaskan diri dari hisapan dan mulai bergerak ke atas dan keluar, itu adalah momen yang luar biasa."

Baca Juga: Baru Saja Ketemu Maia Estianty di Panggung Grand Final Indonesian Idol, Tapi Istri Irwan Mussry ini Malah Pilih Menghindar dan Kabur dari Mulan Jameela, Istri Ahmad Dhani Pun Langsung Posting Singgung Soal Kesombongan, Kenapa Nih?

Tim telah mengatakan bahwa tank berada dalam kondisi yang sangat baik, sebagian besar berkat kualitas pengawetan tanah liat.

Namun, sekarang ini bersentuhan dengan udara, ada tekanan waktu untuk membersihkan dan merawatnya agar tidak memburuk.

Geoff Robinson

Tank diangkat

Daniel menegaskan bahwa Buffalo tidak akan dijual dan akan tetap tinggal di Crowland.

Daniel berkata: "Saya selalu ingin mengeluarkan salah satu tank sebelum peringatan 75 tahun banjir dan kami mulai merencanakan ini beberapa tahun yang lalu.

"Saya sangat senang dengan apa yang telah kami capai, ini sangat menyenangkan.

"Kami telah menghabiskan lima hari untuk menggali dan kami hampir sampai. Kami harus melakukan banyak penggalian dengan tangan, serta menggunakan mesin dari Dewan Drainase Tingkat Utara.

Baca Juga: Ibu Macam Apa ini, Cuma Gegara Dianggap Nakal Tega Aniaya Anaknya yang Masih 2 Tahun Hingga Tewas, Terungkap Sempat Dicekoki Cabe Rawit Hingga Selingkuhannya ini Ikut Pukuli Korban Gegara Ada Roh Jahat Pada Bocah Malang ini, Begini Kronologinya...

Daniel menambahkan bahwa tank tersebut tampaknya terawetkan dengan baik di dalam tanah liat.

Setelah mengereknya, mereka berharap bisa menempatkannya di gudang kota dan membuat museum.

Daniel ingat ketika masih kecil, kakek buyutnya memberi tahuya bahwa ada kendaraan amfibi di sekitar lokasi.

Kelompok tersebut sekarang ingin memulihkan tank tersebut dan menempatkannya di suatu tempat di dalam kota sebagai peringatan banjir tahun 1947.

Editor : Tatik Ariyani

Baca Lainnya