Follow Us

Tak Main-main Lawan China yang Sok Berkuasa, Inggris Kerahkan Kapal Perang Terhebatnya yang Dilengkapi dengan Peralatan Tempur Tercanggihnya

Tatik Ariyani - Senin, 26 April 2021 | 18:58
Kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth.
24h

Kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth.

Suar.ID - HMS Queen Elizabeth akan memimpin angkatan laut dan udara Inggris saat berlayar dalam pelayaran perdananya bulan depan, melawan kekuatan China yang meningkat di Laut China Selatan.

Misi tersebut merupakan langkah terbesar Inggris sejak Perang Falklands.

Kapal perang dengan delapan jet tempur siluman RAF F35B tersebut akan bergabung dengan enam kapal angkatan laut, 14 helikopter dan sebuah kapal selam yang dipersenjatai dengan rudal jelajah Tomahawk.

Kementerian Pertahanan memuji langkah tersebut sebagai "konsentrasi kekuatan maritim dan udara terbesar yang meninggalkan Inggris dalam satu generasi."

Baca Juga: Luar Biasa! Anak Ini Bisa Membelikan Rumah Orangtuanya saat Masih Berusia 7 Tahun, Caranya Hasilkan Pundi-pundi Uang Bikin Melongo!

Mereka akan mengunjungi lebih dari 40 negara selama 28 minggu.

Melansir Daily Mirror, Senin (26/4/2021), Carrier Strike Group (CSG) berupaya untuk memperdalam hubungan dengan negara-negara Indo-Pasifik termasuk India, Jepang, Korea Selatan, dan Australia di tengah meningkatnya kekuatan China di wilayah tersebut.

Angkatan udara akan mengerahkan jumlah helikopter terbesar dalam satu Kelompok Tugas Inggris dalam satu dekade.

Baca Juga: 'Perang Tiga Kerajaan' Inggris Bermula dari Ketegangan Raja dengan Gereja Hingga Melibatkan Parlemen, Berakhir Tuduhan Pengkhianatan

Empat helikopter serang maritim Wildcat dan tujuh helikopter anti-kapal selam Merlin Mk2 akan diberangkatkan bersama satu skuadron 10 jet Korps Marinir AS F35B Lightning II.

Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan: "Ketika Carrier Strike Group kami berlayar bulan depan, itu akan mengibarkan bendera untuk Global Britain - memproyeksikan pengaruh kami, menandakan kekuatan kami, terlibat dengan teman-teman kami dan menegaskan kembali komitmen kami untuk mengatasi tantangan keamanan hari ini dan besok."

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest