Follow Us

Jangan Sepelekan Demi Kesehatan! Waspadai Makanan yang Dikonsumsi saat Sedang Stress, Salah Pilih Bisa Fatal Akibatnya

Rahma Imanina Hasfi - Senin, 26 April 2021 | 07:35
Makan saat stres lebih cepat menaikkan berat badan dibanding makan saat santai.
newatlas.com

Makan saat stres lebih cepat menaikkan berat badan dibanding makan saat santai.

Suar.ID - Saat sibuk dan stres, kita cenderung membuat pilihan nutrisi yang buruk yang justru dapat meningkatkan tingkat stres kita dan menyebabkan masalah lain.

Kita mungkin melakukan ini karena kita sedang terburu-buru dan lebih mudah mengambil makanan kemasan yang mungkin kurang sehat.

Atau kita mungkin melakukan ini karena kita menginginkan makanan yang kurang sehat saat kita stres.

Baca Juga: Begini Enam Cara yang Dilakukan oleh Orang Romawi Kuno agar Tetap Sehat, dari Pilihan Makanan Sehat Hingga Pertahankan Jiwa yang Sehat

Tak hanya itu, kita mungkin terlalu sibuk sehingga lupa makan atau melewatkan waktu makan, mengisinya dengan makanan ringan yang tidak sehat.

Apapun alasannya, saat kita makan makanan yang tidak sehat, kita mungkin mengalami konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang.

Kita mungkin merasa kurang energi, dan kekurangan energi ini dapat memengaruhi produktivitas dan tingkat stres.

Jika memperhatikan polanya, hal ini dikarenakan nutrisi dapat memengaruhi tingkat stres dengan banyak cara.

Melansir dari webmd.com dalam artikel 'Eating Healthfully During Stressful Times', saat merasa tegang, stres makan atau makan secara emosional tampaknya dipicu seperti respons otomatis.

Terutama jika tubuh bereaksi kuat terhadap hormon pelepas stres.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Gigit Jari Pasrah saat Melihat Tabiat Asli sang Suami usai Menikah, Atta Halilintar Berani Tolak Mentah-mentah Hal Ini dari Ashanty: Dosa Lho

Sebuah studi tahun 2010 dari University of Michigan menunjukkan bahwa ketika kadar hormon stres kortisol meningkat pada orang dewasa yang sehat dan tidak stres, mereka makan lebih banyak makanan ringan.

Source : Gridhealth

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest