Follow Us

Begini Enam Cara yang Dilakukan oleh Orang Romawi Kuno agar Tetap Sehat, dari Pilihan Makanan Sehat Hingga Pertahankan Jiwa yang Sehat

K. Tatik Wardayati - Jumat, 23 April 2021 | 20:00
Pengobatan masa Romawi Kuno.
youtube

Pengobatan masa Romawi Kuno.

Suar.ID – Dari sebuah prasasti yang ditemukan di makam seorang pedawang Romawi di Efesus, Tiberius Claudius Secundus, menunjukkan bahwa orang Romawi mencari keseimbangan yang masuk akal antara kehidupan yang menyenangkan dan kehidupan yang sehat.

Orang Romawi Kuno tidak hanya terkenal karena jalan, strategi militer, dan penemuan buku saja, tetapi mereka pun memberikan tips bagaimana menjaga kesehatan.

Berikut ini enam praktik pengobatan Romawi Kuno yang mereka lakukan:

Baca Juga: Jasad Penduduk Ditemukan Bersebelahan di Sebuah Ruang Bawah Tanah di Vila, Diyakini Sebagai Tuan dan Budaknya

1. Mengambil tanggung jawab

Orang Romawi Kuno menekankan bahwa tanggung jawab seseorang untuk menjaga tubuh mereka, menulis bahwa orang harus ‘mengambil alih tubuh mereka sendiri untuk menjaga kesehatan’ dengan mengikuti gaya hidup tertentu (atau kebersihan).

Yang dilakukan seperti pentingnya menghirup udara segar dan cukup tidur, selain cermat mempertimbangkan pola makan, olahraga, dan hidrasi.

Baca Juga: Ikut Pesta Seks di Pulau Terpencil, Wanita Cantik Ini malah Tewas setelah Melakukan Hubungan Intim

2. Makan makanan yang sehat

Sama seperti saat ini, diet sehat dianggap sebagai bagian dari rencana kesehatan yang seimbang.

Menurut standar modern, makanan penduduk di Herculaneum pada saat letusan Vesuvius sangat sehat dan kaya mineral, mengandung makanan laut dan protein nabati tingkat tinggi.

Kebun juga populer di kalangan orang Romawi dan, selain membudidayakan tanaman dan sayuran, memiliki peran yang lebih luas dalam meningkatkan kesejahteraan.

Editor : K. Tatik Wardayati

Baca Lainnya

Latest