Follow Us

Tak Terduga-duga, Lubang Kelinci di Pulau yang Antara Abad ke-14 hingga 16 Menjadi 'Pulau Kelinci' Ini Mengarah ke Penemuan Luar Biasa

Muflika Nur Fuaddah - Senin, 29 Maret 2021 | 14:54
Temuan arkeologi
Smithsonian Magazine

Temuan arkeologi

Intisari-Online.com - Para sarjana yang mempelajari kehidupan prasejarah di Wales baru-baru ini mendapat bantuan dari sumber yang tidak terduga.

Seperti yang dilaporkan Steven Morris untuk The Guardian, kelinci membuat liang di Pulau Skokholm, dua mil di lepas pantai wilayah barat daya Pembrokeshire, Inggris.

Kelinci tersebut kemudian menemukan dua perkakas Zaman Batu, serta pecahan tembikar awal Zaman Perunggu.

Richard Brown dan Giselle Eagle yang bertugas sebagai penjaga di pulau yang tidak berpenghuni itu, melihat benda-benda temuan dan mengirimkan fotonya ke peneliti arkeologi.

Baca Juga: Menegangkan, Ini Video Detik-detik Angin Puting Beliung Menerjang Sebuah Desa di Bandung, Netizen: Banyak Sekali Cobaan Indonesia

Melihat gambar salah satu artefak, Andrew David, seorang ahli alat prasejarah, mengidentifikasinya sebagai kerikil miring Mesolitik berusia 6.000 hingga 9.000 tahun yang kemungkinan digunakan untuk membuat perahu segel berlapis kulit atau menyiapkan kerang.

“Meskipun jenis alat ini terkenal di situs pesisir di daratan utama Pembrokeshire dan Cornwall, serta di Skotlandia dan Prancis utara, ini adalah contoh pertama dari Skokholm, dan bukti kuat pertama untuk pendudukan Mesolitik Akhir di pulau itu,” kata David dalam sebuah pernyataan.

Menurut BBC News, Jody Deacon, kurator arkeologi untuk National Museum Wales, mencatat bahwa pecahan tembikar berasal dari pot berdinding tebal yang mungkin digunakan sebagai guci kremasi sekitar 3.750 tahun yang lalu.

Seperti kerikil miring yang lebih tua, kapal pemakaman ini tidak biasa ada di Wales barat tetapi merupakan artefak pertama dari jenisnya yang ditemukan di pulau itu.

Baca Juga: Bak Kehilangan Arah Usai Bercerai dengan Ketiga Istrinya, Kini Kiwil Hidup Berpindah dan Tak Menentu: Tiba-tiba Kehilangan Semua, Kok Bisa Begini...

Brown dan Eagle pertama kali pindah ke pulau terpencil Laut Celtic pada 2013, seperti yang dilaporkan Neil Prior untuk BBC News pada saat itu.

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest