Menegangkan, Ini Video Detik-detik Angin Puting Beliung Menerjang Sebuah Desa di Bandung, Netizen: Banyak Sekali Cobaan Indonesia

Senin, 29 Maret 2021 | 14:00
Pixabay

Ilustrasi puting beliung

Suar.ID - Musibah bencana alam kembali terjadi di Tanah Air.

Tak sedikit daerah di Indonesia yang kini tengah berduka lantaran adanya bencana seperti kebakaran, banjir, dan badai.

Terbaru, viral video detik-detik angin puting beliung yang terjadi di salah satu desa di Bandung.

Baca Juga: Lagi-lagi Terawang Soal Bencana Alam, Paranormal Mbah Mijan Mewanti-wanti untuk Hindari Tempat Ini, Akan Ada Bencana Besar

Angin puting beliung menerjang Desa Mekarsaluyu, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, pada Minggu (28/3) sore sekitar pukul 16.00 WIB.

Bencana alam tersebut mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan pohon tumbang.

Peristiwa itu disebabkan intensitas hujan yang sangat tinggi disertai angin kencang.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, berdasarkan data sementara akses jalan hanya bisa mencapai RT 02 RW 03 dikarenakan akses menuju RW 06 tertutup pohon tumbang.

Baca Juga: Bayi 1 Tahun Terbawa Angin Puting Beliung dan Hilang Bersama Ayunannya, Akhirnya Ditemukan saat Snag Ibu Dengar Tangisannya Usai Petir Menyambar

Melansir TribunJabar.ID, selain angin puting beliung, hujan es juga terjadi di wilayah tersebut.

Fenomena alam tersebut sempat mengangetkan warga di Jalan Ligar Melati RT 01 RW 23, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (28/3/2021).

Hujan es tersebut berlangsung kurang dari satu menit.

Seorang warga RT 01, Ipan Sopian (29), mengatakan peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.20 WIB.

Meski tidak berlangsung lama, namun fenomena tak biasa ini sempat membuat warga berhamburan keluar rumah untuk menyaksikan langsung butiran es seukuran kelereng itu.

Es tersebut turun seiring hujan deras dan angin kencang.

"Tetangga rumahnya dipasangi asbes, jadi suara jatuhnya es itu kenceng banget. Sampai beberapa tetangga juga keluar rumah," ujar Ipan saat dihubungi melalui telepon.

Sebelumnya, Badang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan hujan ringan hingga sedang akan terjadi di sebagian besar wilayah Kota Bandung, Minggu (25/3/2021).

Kondisi tersebut berpotensi berubah menjadi hujan deras disertai kilatan petir pada sore menjelang malam hari, dengan prakiraan suhu 24 derajat celcius, kelembapan air 75 persen, dan tiupan angin 20 kilometer per jam.

Baca Juga: Angin Puting Beliung hingga Pergeseran Tanah, Mbak You Terawang Hari-Hari Rawan dan Daerah-Daerah yang Diramalkan Dilanda Bencana Alam

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Sumber : Instagram, TribunJabar.id

Baca Lainnya