Follow Us

Gelap dan Misterius, Tak Banyak yang Sadar 'Pohon Purba' Ini Umurnya Lebih Tua dari Piramida Giza di Mesir!

Muflika Nur Fuaddah - Minggu, 28 Maret 2021 | 14:15
Pohon Yew
The Vintage News

Pohon Yew

Intisari-Online.com - Pohon yew, pohon legenda yang gelap, bengkok, dan penuh teka-teki, menjulang di atas halaman-halaman gereja di seluruh Eropa.

Keberadaan pohon yew adalah pemandangan umum, terutama di Inggris Raya, namun hanya sedikit orang yang menyadari berapa usia dari rohon-pohon ini.

Dianggap sebagai pohon tertua di Eropa, yew yang berdiri di halaman gereja St. Cynog's di Powys, Wales, mungkin berusia lebih dari 5.000 tahun.

Menurut Woodland Trust, ada lebih dari 250 pohon yew di Inggris yang diklasifikasikan sebagai "kuno."

Baca Juga: Lagi Bonceng Ibunya, Driver Ojol ini Tak Sengaja Ciprat Air Hujan ke Pengendara Lain, Pemuda ini Pun Langsung Mencak-mencak Minta Ganti Rugi Hingga Ibu Kandung Sang Ojol Minta Maaf Berkali-kali, Netizen: Makanya Naik Mobil Mas Kalo Gak Mau Kecipratan

Ini berarti mereka telah tumbuh selama lebih dari 900 tahun.

Pohon yew sebenarnya sulit diketahui umurnya secara akurat, sehingga pada tahun 2014 pohon yew di St. Cynog's menjadi sasaran sejumlah tes yang berbeda.

Janis Fry, seorang ahli penuaan pohon, yakin bahwa pohon tersebut adalah pohon non-klonal tertua di Eropa, menurut The Express.

Pengujian yang dilakukan oleh Institut Kehutanan menyimpulkan bahwa pohon tersebut memiliki jumlah cincin 120 per inci, yang berarti umurnya sekitar 5.000 tahun.

Baca Juga: Ngeluh Dapat Perlakuan Berbeda, Baim Wong Sempat Kabur dari Rumah hingga Ketahuan Nyolong: Gue Enggak Pernah Dikasih Duit

Pohon non-klonal tertua di dunia, menurut catatan resmi, adalah pinus bristlecone di California selatan, yang secara akurat berumur 5.068 tahun.

Editor : Muflika Nur Fuaddah

Baca Lainnya

Latest