Follow Us

Situasi Makin Memanas, Ini Perbandingan Militer China dan Taiwan yang Bikin Melongo!

Adrie Saputra - Kamis, 18 Februari 2021 | 13:15
(ilustrasi) Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan
Freepik

(ilustrasi) Perbandingan Kekuatan Militer China dan Taiwan

Suar.ID - Hubungan China dan Taiwan sedang tidak membaik dan bahkan kian memanas.

Lalu seperti apa perbandingan kekuatan militer China dan Taiwan, negara yang terlibat dalam konflik berkepanjangan ini?

Masing-masing bertahan dengan klaimnya, di mana China menganggap Taiwan masih menjadi bagian wilayahnya, sedangkan Taiwan mengklaim kedaulatannya.

Taiwan sendiri dikenal sebagai salah satu negara yang belum sepenuhnya diakui dunia, dengan hanya segelintir negara telah mengakui kedaulatannya.

Namun, China dan Taiwan telah memiliki pemerintahan yang terpisah sejak akhir perang saudara China pada tahun 1949.

Baca Juga: Ya Ampun, Militer Israel Makin Gagah setelah Borong Senjata-senjata Canggih dari Amerika Serikat! Ini Daftarnya

Dan meskipun Taiwan secara resmi hanya diakui oleh segelintir negara, pemerintahannya yang dipilih secara demokratis memiliki hubungan komersial dan informal yang kuat dengan banyak negara.

Sementara itu, Beijing telah lama berusaha membatasi aktivitas internasional Taiwan dan keduanya bersaing untuk mendapatkan pengaruh di kawasan Pasifik.

Ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan Beijing tampak tak segan menggunaan kekuatan militer untuk merebut kembali pulau itu.

Mengutip bbc.com (29/1/2021), bahkan China telah memperingatkan Taiwan bahwa setiap upaya untuk mencari kemerdekaan "berarti perang".

Baca Juga: Pengen Tahu Kondisi Myanmar setelah Kudeta saat Ini? Sungguh Mengerikan, PBB sampai Angkat Bicara: Tidak dapat Diterima

Source : intisari-online.com

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest