Follow Us

Terkenal Tidak Akur dengan Israel, Ternyata Iran dan Israel Dulunya adalah Teman Dekat hingga Pernah Lakukan Kerjasama Ini

Adrie Saputra - Selasa, 03 November 2020 | 12:00
Bencinya Setengah Mati dengan Israel, Tak Disangka Iran dan Israel Dulunya adalah Teman Dekat
kHaaretz

Bencinya Setengah Mati dengan Israel, Tak Disangka Iran dan Israel Dulunya adalah Teman Dekat

Suar.ID - Setelah dua dasawarsa terakhir sengit antara Iran dan Israel, mungkin sulit membayangkan bahwa negara-negara tersebut pernah memiliki hubungan persahabatan dan kerja sama di berbagai tingkatan.

Namun mereka dulu teman dan sekutu.

Dan bahkan setelah Revolusi Islam 1979, ketika Iran tiba-tiba memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel, kerja sama militer berlanjut selama beberapa tahun ketika Iran berpaling ke Israel untuk mempersenjatai selama perang yang menghancurkan dengan negara tetangga Irak.

Para pejabat Iran dibayar dengan murah hati untuk layanan itu, tentu saja.

Baca Juga: Geger, Ashanty Pamer Test Pack Positif, Anang Hermansyah Kegirangan, Aurel Syok: Arsya Punya Adek!

Secara resmi, Iran memberikan suara menentang Rencana Pemisahan PBB untuk Palestina pada tahun 1947, dan, setelah berdirinya Israel, menentang penerimaannya sebagai negara anggota ke dalam organisasi.

Meskipun demikian, pada tahun 1950 Iran menjadi negara mayoritas Muslim kedua (setelah Turki) untuk memberikan pengakuan de facto Israel, yang menjadi terbuka dan resmi satu dekade kemudian.

Masing-masing negara memiliki alasannya sendiri untuk saling membangun hubungan.

Iran

Baca Juga: Kisah Memilukan Sarah Forsyth, Budak seks yang Dipaksa Melihat Langsung Ekseskusi Pembunuhan Rekannya yang tak Penuhi Target: Wajahnya Meledak di Sebelahku

Bagi Iran, Israel dianggap sebagai kendaraan (melalui komunitas Amerika-Yahudi) untuk mendapatkan sponsor dari Amerika Serikat, yang mencari sekutu dalam perjuangannya untuk dominasi regional dan global dengan Uni Soviet.

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest