Follow Us

Patut Dicontoh, Berpenduduk Hampir 100 Juta Jiwa dan Berbatasan dengan China, Negara Ini Berhasil Catatkan 0 Kasus Kematian akibat Covid-19! Bagaimana Caranya?

Ervananto Ekadilla - Senin, 01 Juni 2020 | 18:15
Physical Distancing di Vietnam.
Vatsyavana

Physical Distancing di Vietnam.

Suar.ID - Ketika dunia melihat ke Asia untuk contoh sukses dalam menangani pandemi Covid-19, banyak perhatian dan pujian diberikan kepada Korea Selatan, Taiwan dan Hong Kong.

Tapi ada satu kisah sukses yang terlewatkan, yakni Vietnam.

Negara berpenduduk 97 juta orang tersebut belum melaporkan satu pun kasus kematian akibat virus corona di wilayahnya.

Berdasarkan data worldometers.info, hingga Minggu (31/5/2020), Vietnam telah mengonfirmasi sebanyak 328 kasus covid-19 di negaranya tanpa ada tambahan kasus baru sejak hari Sabtu.

Baca Juga: Ternyata Ini Sosok George Floyd, Warga Amerika Serikat yang Kematiannya Picu Demonstrasi Besar-besaran di Negeri Paman Sam

Hal tersebut merupakan suatu hal yang luar biasa, mengingat Vietnam berbatasan dengan China, negara pertama yang mengkonfirmasi kasus Covid-19, dan menerima kunjungan jutaan wisatawan China setiap tahunnya.

Ini semua lebih luar biasa mengingat Vietnam adalah negara berpenghasilan menengah ke bawah dengan sistem perawatan kesehatan yang tidak lebih maju daripada yang lain di wilayah tersebut.

Menyadur dari CNN, Bank Dunia hanya memiliki 8 dokter untuk setiap 10.000 orang, sepertiga dari rasio di Korea Selatan, menurut Bank Dunia.

Setelah tiga minggu menerapkan lockdown secara nasional, Vietnam mencabut aturan social distancing pada akhir April.

Baca Juga: Puluhan Tahun Kematian Ibu Tien Menjadi Misteri, Akhirnya Ajudan Soeharto Ungkapkan Hal yang sebenarnya Terjadi di Hari yang Membuat Satu Indonesia Berduka Itu

Belum dilaporkan adanya infeksi lokal selama lebih dari 40 hari.

Source : CNN, Tribunnews Wiki, Worldometers.info

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest