Follow Us

Aneh Banget, Kulit Pasien Covid-19 di Wuhan Menghitam dan Jadi Sangat Gelap, Dokter Ahli Angkat Bicara

Rahma Imanina Hasfi - Selasa, 21 April 2020 | 17:30
Foto pasien virus corona
Dailymail.co.uk

Foto pasien virus corona

Suar.ID - Berikut ini Berita Update Corona Virus atau Covid-19.Selain meninggalkan efek kerusakan pada paru-paru, tak biasa Virus Corona merusak jaringan kulit Pasien.Bahkan salah satu kasus, kulit Pasien berubah menghitam dan sangat gelap.

Baca Juga: Resmi Jadi Istri Pengusaha Kaya Raya, Artis Ini Bongkar Tabiat Suaminya Setiap Pagi yang Sering Tiba-tiba Panik, Ternyata Ini SebabnyaTernyata ini masalahnya menurut dokter ahli:Terbaru dari Wuhan China soal penanganan pasien Covid-19.

Dua dokter di Wuhan, China, yang terkena virus mematikan tersebut mendapati perubahan warna kulit yang luar biasa setelah mereka dirawat beberapa hari.Dugaan kuat, Covid-19 atau Virus Corona menyerang hati pasien.Dalam foto-foto yang beredar, dua dokter yang sebelumnya berkulit kuning langsat ini, sekarang seperti terbakar, gelap."Saya trauma. Saya seperti mengalami mimpi buruk," ujar salah seorang dokter tersebut.Dailymail.co.uk melaporkan, dua dokter Cina yang sakit kritis setelah terinfeksi Covid-19 telah melihat kulit mereka menjadi sangat gelap setelah dibawa kembali dari ambang kematian.

Baca Juga: Hati Siapa yang Tak Teriris, Nenek Sebatang Kara Ini Tinggal di Rumah Reyot Hampir Ambruk, Setiap hari Sibukkan diri dengan Mengaji dan ShalawatanDr Yi Fan dan Dr Hu Weifeng, keduanya berusia 42 tahun, terkena virus corona baru ketika merawat pasien di Rumah Sakit Pusat Wuhan pada bulan Januari 2020.Perubahan warna kulit yang abnormal itu disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon setelah hati mereka rusak oleh virus, kata dokter mereka kepada media pemerintah China.Dr Yi dan Dr Hu adalah rekan dengan mendiang whistle-blower Dr Li Wenliang, yang dihukum karena 'membunyikan alarm' virus dari Wuhan, China.

Dr Li Wenliang kemudian meninggal karena penyakit Covid-19 tersebut pada 7 Februari 2020.Kedua petugas medis itu, Dr Yi dan Dr Hu, didiagnosis pada 18 Januari 2020.Mereka dibawa pertama kali ke Rumah Sakit Paru Wuhan dan kemudian dipindahkan dua kali, menurut penyiar CCTV negara China.Dr Yi, seorang ahli jantung, memukul COVID-19 setelah dokter mengaitkannya dengan mesin pendukung kehidupan yang disebut ECMO selama 39 hari.ECMO adalah prosedur pendukung kehidupan drastis yang menggantikan fungsi jantung dan paru-paru dengan memompa oksigen ke dalam darah di luar tubuh.

Baca Juga: Bikin Netizen Berlinang Air Mata, Viral Potret Pemulung yang Melakukan Hal Positif Ini di Tengah Wabah Virus CoronaPengakuan Dr Yi saat DirawatBerbicara kepada CCTV dari tempat tidur rumah sakitnya hari ini, Dr Yi mengatakan dirinya telah pulih dari Virus Corona.Dr Yi mengaku bisa bergerak di tempat tidur secara normal, tetapi masih berjuang untuk berjalan secara mandiri.Dr Yi mengakui bahwa siksaan untuk memerangi penyakit mematikan itu, sampai taraf tertentu, membuatnya trauma.

Dia mengatakan kepada seorang wartawan: 'Ketika saya pertama kali menjadi sadar, terutama setelah saya mengetahui tentang kondisi saya, saya merasa takut. Saya sering mengalami mimpi buruk."Dia mengatakan dia secara bertahap mengatasi rintangan psikologis setelah dokter menghiburnya dan mengatur konseling untuknya.Dr Yi sekarang dirawat di bangsal biasa di Rumah Sakit Persahabatan China-Jepang Wuhan.

Baca Juga: Viral Video Diduga Pasien Virus Corona Dibakar Warga, Pemerintah Usut Pelaku Hingga Ungkap Fakta SesungguhnyaKondisi Dr Hu lebih seriusAhli urologi telah diikat di tempat tidur selama 99 hari dan kesehatannya secara keseluruhan lemah, kata Dr Li Shusheng yang merawat Dr Hu Weifeng.Dr Li mengatakan dia khawatir tentang kesehatan mental Dr Hu."Dia tidak bisa berhenti berbicara dengan dokter yang datang untuk memeriksanya," kata Dr Li.Dr Hu menjalani terapi ECMO dari 7 Februari hingga 22 Maret dan mendapatkan kembali kemampuannya untuk berbicara pada 11 April.Dia masih dirawat di unit perawatan intensif di rumah sakit yang sama dengan Dr Yi.Dr Li mencurigai bahwa kulit kedua petugas medis itu menjadi gelap karena jenis obat yang mereka terima di awal perawatan.

Dia menambahkan bahwa salah satu efek samping obat tersebut adalah semakin gelapnya warna kulit. Dia tidak menyebutkan nama obat itu.Dr Li berharap warna kulit kedua petugas medis kembali normal setelah fungsi hati mereka membaik.

Baca Juga: Kerap Tunjukkan Tingkah Gemasnya Saat Sedang Bersama, Ardi Bakrie Cemaskan Kedekatan Putri Sulungnya dengan Sang Kakek: Mau Marahin Pasti DiaduinArtikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Update Corona Virus, Kulit Pasien Covid-19 Terbakar dan Jadi Sangat Gelap, Penjelasan Dokter

Editor : Rahma Imanina Hasfi

Baca Lainnya

Latest