Follow Us

Seperti Apa Sih Masker Kain 3 Lapis yang Efektif Menangkal Virus hingga 70 Persen?

Rina Wahyuhidayati - Senin, 06 April 2020 | 16:00
Amankah masker kain untuk cegah penularan virus corona? Begini kata ahli
Tribunnewsmaker

Amankah masker kain untuk cegah penularan virus corona? Begini kata ahli

Suar.ID - Masyakrakat diimbau untuk mengenakan masker kain 3 lapis sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran dan penularan virus corona mulai digalakkan.

Hal ini sisampaikan Ketua Tim Pakar Percepatan Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, melalui tayangan Youtube BNPB Indonesia, Minggu (5/4/2020).

Nah, seperti apa masker kain 3 lapis yang bisa digunakan masyarakat?

Pada kesempatan itu, Wiku menunjukkan sebuah masker yang terbuat dari kain polos.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini di Bulan Ramadhan Disebut Mbah Mijan jadi Solusi Ampuh Lawan Virus Corona: Percaya atau Tidak...

Meski tak menjelaskan secara rinci masker kain 3 lapis itu, dari bentuk yang ditunjukkan seperti masker kain dengan filter yang belakangan banyak diproduksi.

Masker itu terdiri dari dua lapis kain dengan bagian tengah yang bisa diselipkan tisu sebagai filternya. Tisu ini bisa diganti setiap saat.

Wiku menyebutkan, berdasarkan penelitian, masker kain 3 lapis efektif menangkal virus.

"Sesuai hasil penelitian, masker kain dapat menangkal virus sebesar 70 persen," kata Wiku seperti dikutip Kompas.com, dari akun Youtube BNPB Indonesia, Senin (6/4/2020).

Baca Juga: Viral Video 2 Gadis Asia Dimaki Orang Tak Dikenal di Australia Karena Dituding Tularkan Virus Corona, Wajah Pelaku Terpampang Jelas

Hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan masker kain adalah secara rutin menggantinya dan mencucinya setelah pemakaian.

Oleh karena itu, setiap orang disarankan memiliki lebih dari satu masker kain 3 lapis.

Source : Kompas.com

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest