Follow Us

Bikin Keder Lawan, Inilah Kapal Perang RI yang Pernah Bikin Kapal China dan Vietnam Lari Terbirit-birit, Jangan Macam-macam Masuk Laut Natuna!

Ervananto Ekadilla - Minggu, 05 Januari 2020 | 19:30
Bikin Keder Lawan, Inilah Kapal Perang RI yang Pernah Bikin Kapal China dan Vietnam Lari Terbirit-birit, Jangan Macam-macam Masuk Laut Natuna!
Tribun Medan

Suar.ID - Kini sebuah video yang menunjukkan momen KRI Tjiptadi-381 mengusir Kapal Coast Guard China sedang ramai dibicarakan.

Dalam video yang diunggah oleh YouTube Kompas TV pada Kamis (2/1/2020), kapal asing itu diusir keluar dari wilayah ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia) di Laut Natuna Utara.

Kapal penjaga pantai itu diusir saat sedang mengawal kapal ikan yang beroperasi di Laut Natuna.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Koarmada I, Letkol Laut Fajar Tri Rohadi mengatakan, peristiwa itu terjadi, Senin (30/12/2019).

Baca Juga: Tak Tinggal Diam setelah Melihat Nelayan Indonesia Diusir oleh Kapal Cina di Perairan Natuna, Begini Reaksi Menhan Prabowo Subianto!

"Sementara pergerakan KRI Tjiptadi-381 terus dihalau oleh Kapal Coast Guard China yang mengikuti dari lambung kiri," kata suara yang terdengar dari tayangan Kompas TV.

"KRI Tjiptadi-381 mempertahankan halu dan kecepatan, sementara Kapal China Coast Guard bergerak mendekat mencoba menghalangi halu dari KRI Tjiptadi-381," jelasnya.

Tangkapan layar Youtube Kompas TV

Sebelumnya, peristiwa serupa juga pernah terjadi.

Badan Keamanan Laut (Bakamla) menyatakan, telah mengusir sejumlah kapal laut asing yang masuk ke perairan Indonesia terutama adi wilayah Natuna.

Kapal asing yang masuk di antaranya berasal Vietnam dan Tiongkok.

Source : Kompas TV, Youtube Kompas TV

Editor : Ervananto Ekadilla

Baca Lainnya

Latest