Follow Us

Puluhan Kapal Asing Berpesta Pora Curi Ikan di Laut Indonesia setelah Susi Pudjiastuti Tak Lagi Menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

Adrie P. Saputra - Jumat, 27 Desember 2019 | 09:30
Kapal asing terpergok curi ikan (kiri) dan Susi Pudjiastuti (kanan).
Tribunnews | Bola Sport

Kapal asing terpergok curi ikan (kiri) dan Susi Pudjiastuti (kanan).

Suar.ID - Setidaknya sudah 558 kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan selama lima tahun Susi Pudjiastuti menjabat.

Kapal-kapal pencuri ikan itu kebanyakan dari Vietnam dan Filipina.

Kebijakan Susi yang berani menenggelamkan kapal pun membuat hasil tangkapan nelayan tradisional di wilayah Indonesia timur meningkat sekitar 20%.

Namun setelah Susi Pudjiastuti digantikan dengan Edhy Prabowo untuk memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan, kebijakan menggelamkan kapal asing sudah tidak jadi prioritas lagi.

Baca Juga: Berita Terpopuler Politik 2019: Susi Pudjiastuti Lengser dari Menteri Kelautan & Perikanan, Ia Mengaku Baru Kali Ini Merasakan Kerja untuk Khalayak Banyak

Menteri Edhy Prabowo menyebutkan bahwa program Susi berupa penenggelaman kapal asing adalah jalan terakhir yang dilakukan kementerian.

"Kalau kita mengejar pelanggar kapal yang masuk ke Indonesia, sudah ditangkap, sudah menyerah, lalu kenapa harus ditenggelamkan?"

"Kan ada mekanisme hukum dan aturan yang sudah kita lakukan."

"Secara prinsip adalah bagaimana langkah ke depan, sikap kita untuk memanfaatkan sumber daya laut ini agar bermanfaat bagi masyarakat pesisir," jelas Edhy.

Baca Juga: Berita Terpopuler Tokoh Nasional 2019: Tak Lagi Menjabat Menteri Kelautan, Susi Pudjiastuti Masih Lakukan Hal ini Pada Para Nelayan, Panutan!

Edhy menjelaskan bahwa penenggelaman kapal asing adalah program terdahulu.

Ia juga mernyiratkan bahwa program ini berpotensi tidak akan dilanjutkan, mengingat kapal asing bisa dimanfaatkan untuk keperluan nelayan atau infrastruktur di Indonesia.

Source : Facebook, Instagram, tribunnews

Editor : Adrie P. Saputra

Baca Lainnya

Latest