Follow Us

Presiden Jokowi Baru Saja Menetapkannya Jadi Pahlawan Nasional, di Masa Penjajahan Belanda Sosok Ini Begitu Gigih Perjuangkan Derajat Wanita

Ervananto Ekadilla - Sabtu, 09 November 2019 | 10:30
Presiden Jokowi Baru Saja Menetapkannya Jadi Pahlawan Nasional, di Masa Penjajahan Belanda Sosok Ini Begitu Gigih Perjuangkan Derajat Wanita
Wikipedia

Suar.ID - Jurnalis perempuan pertama asal Sumatera Barat Rohana Kudus atau Ruhana Kuddus ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional tahun 2019.

Melansir dari Tribun Padang, penetapan tersebut berdasarkan pertemuan Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Presiden Joko Widodo pada 6 November 2019.

Berkenaan dengan hal tersebut sejumlah pihak diundang ke Istana untuk penganugerahan gelar Pahlawan Nasional tersebut.

Undangan tersebut disampaikan melalui Surat Menteri Sosial Rl nomor: 23/MS/A/09/2019, tanggal 9 September 2019, yang ditandatangani oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan, Pepen Nazaruddin.

Baca Juga: Disambut Bak Pahlawan Pulang dari Perang, Ribuan Warga Sambut Kepulangan Susi Pudjiastuti di Kampungnya: 'Sugeng Rawuh Bu Susi'

Isi surat itu turut mengundang Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayinto untuk hadir di Istana Negara pada Jumat (8/11/2019).

Begitu juga dengan ahli waris pertama Gelar Pahlawan Nasional yang berdomisili di luar DKI Jakarta.

Kepala Biro Humas Setdaprov Sumatera Barat, Jasman Rizal mengatakan membenarkan bahwa Rohana Kudus telah secara resmi ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional.

"Alhamdulillah, akhirnya wartawati pertama di Indonesia asal Minangkabau, Rohana Kudus ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Tahun 2019," kata Jasman Rizal.

Baca Juga: Bak Pahlawan! Bocah 6 Tahun Ini Meningal Dunia Usai Berusaha Menyelamatkan Kakeknya Dari Kobaran Api yang Melahap Rumahnya

Proses Panjang Mendapatkan Penghargaan

Source : Wikipedia, Tribun Padang

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest