Follow Us

Nekat, Cerita Richard Branson yang Jadi Orang Pertama di Dunia Sebrangi Samudera Atlantik Pakai Balon Udara

Masrurroh Ummu Kulsum - Rabu, 20 Februari 2019 | 13:57
Balon udara panas  'Virgin Atlantic Flyer' yang digunakan  Richard Branson dan Per Lindstrand untuk sebrangi Samudera Atlantik.
Tangkap layar youtube Guinness World Records

Balon udara panas 'Virgin Atlantic Flyer' yang digunakan Richard Branson dan Per Lindstrand untuk sebrangi Samudera Atlantik.

Suar.ID – Siapa tak mengenal Richard Branson, industrial asal Inggris yang dikenal telah mendirikan 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group.

Tidak hanya terkenal sebagai miliarder, Branson juga dikenal karena memiliki sisi petualangnya yang membuatnya telah mengambil banyak tantangan hingga berisiko nyawa selama bertahun-tahun.

Salah satu petualangannya yang paling terkenal adalah menyeberangi Samudera Atlantik dengan balon udara panas.

Mengutip wickersworld.co.uk, di tahun 1987 antara tanggal 2-3 Juli, Branson yang waktu itu berusia 36 tahun bersama Per Lindstrand asal Swedia melakukan misi tersebut.

Baca Juga : Shamima Begum, Pengantin ISIS yang Pengen Pulang Kampung Kini Terancam Kehilangan Kewarganegaraannya

Baca Juga : Kisah Balita Haikal, Korban Puting Beliung yang Digendong Ridwan Kamil hingga Dapat Julukan 'Anak Pak Gubernur'

Mereka berupaya menyeberangi Samudera Atlantik sepanjang 4.947 km (3,074 mil) di antara Sugarloaf di Maine, AS, dan Limavady di Co Londonderry, Inggris.

Balon udara panas 'Virgin Atlantic Flyer', yang mereka tunggangi menjadi balon udara panas pertama yang berhasil menyelesaikan penyeberangan Atlantik dengan kecepatan 130mph.

Balon tersebut juga menjadi balon udara panas terbesar yang pernah terbang, disebutkan dalam guinnessworldrecords.com, volume totalnya adalah 2,3 juta kaki kubik atau sekitar ukuran bangunan 21 lantai.

Virgin Atlantic Flyer menggunakan tenaga surya untuk meningkatkan efek dari pembakar gas propana yang memanaskan udara.

Sementara kapsul untuk dua orang itu diberi tekanan sehingga memungkinkan mereka bertahan hidup di ketinggian tinggi.

Baca Juga : Viral Kisah Cinta Pengantin di Majalengka, Pengantin Wanita Sudah Dirias Sang Calon Suami Meninggal Karena Kecelakaan

Halaman Selanjutnya

Akhir yang dramatis
1 2 3

Source : berbagai sumber

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Baca Lainnya

Latest