Follow Us

Shamima Begum, Pengantin ISIS yang Pengen Pulang Kampung Kini Terancam Kehilangan Kewarganegaraannya

Adrie P. Saputra - Rabu, 20 Februari 2019 | 12:35
Shamima Begum
Daily Mail

Shamima Begum

Suar.ID - Sumber dari Whitehall mengatakan bahwa mungkin untuk melucuti kewarganegaraan Inggris untuk orang yang berusia 19 tahun jika ia memenuhi syarat untuk kewarganegaraan negara lain.

Pengacara keluarga Shamima Begum, Tasnime Akunjee, mengatakan mereka "kecewa" dengan keputusan tersebut dan sedang mempertimbangkan "semua jalan hukum" untuk menantang pernyataan itu.

Sebelumnya dilaporkan BBC (20/02/2019), bahwa Shamima Begum meninggalkan London Timur pada tahun 2015, dan tahun ini dia mengatakan ingin kembali ke rumah (Inggris).

Dia ditemukan di sebuah kamp pengungsi Suriah pekan lalu setelah dilaporkan meninggalkan Baghuz - benteng terakhir IS - dan melahirkan seorang putra pada akhir pekan ini.

Baca Juga : 'Pengantin ISIS' Shamima Begum, Masih Dukung Pemerkosaan dan Pembunuhan Budak Seks Yazidi

Dalam sebuah wawancara dengan BBC pada hari Senin, Shamima Begum mengatakan dia tidak pernah berusaha untuk menjadi "gadis poster" IS dan sekarang hanya ingin membesarkan anaknya yang baru saja lahir di Inggris.

ITV News memperoleh surat yang dikirimkan kepada ibunya Shamima Begum, memintanya untuk memberi tahu putrinya tentang keputusan tersebut.

Di bawah Undang-Undang Kebangsaan Inggris 1981, seseorang dapat dicabut kewarganegaraannya jika itu akan "kondusif bagi kebaikan publik" dan mereka tidak akan menjadi tanpa kewarganegaraan (harus ada kewarganegaraan pengganti).

Shamima Begum mengatakan dia melakukan perjalanan ke Suriah dengan paspor saudara perempuannya di Inggris, tetapi itu diambil darinya ketika dia melintasi perbatasan.

Baca Juga : Kisah Hoda Muthana: Wanita yang Alami Traumatik di Mana Dia Sampai Makan Rumput karena Gabung dengan ISIS

Dia diyakini sebagai keturunan Bangladesh, tetapi ketika ditanya oleh BBC, dia mengatakan tidak memiliki paspor Bangladesh dan tidak pernah ke negara tersebut.

Source : BBC

Editor : Suar

Baca Lainnya

Latest