Healing Tak Harus Liburan dan Jalan-jalan! Berikut Ini Beberapa Makanan yang Ampuh untuk Memperbaiki Suasana Hati Kita yang Sedang Suntuk

Sabtu, 01 Januari 2022 | 11:30
Boldsky

Inilah berbagai makanan sehat yang tepat dikonsumsi untuk memperbaiki suasana hati.

Suar.ID - Memperbaiki suasana hati tidak harus dengan cara liburan dan jalan-jalan, tetapi juga lewat perubahan pola makan.

Pasalnya suasana hati juga bisa dipengaruhi oleh manajemen stres, pola hidup, dan juga jenis makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Oleh karena itu, pada dasarnya kita bisa memperbaiki mood atau suasana hati dengan cara mengubah pola hidup dan pola makan.

Terlebih beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada beberapa jenis makanan yang baik untuk memperbaiki suasana hati.

Berikut ini merupakan beberapa contoh makanan sehat yang dimaksud.

Simak baik-baik ya!

Baca Juga: Tak Hanya Menyedapkan Makanan, Rutin Minum Air Kunyit Tak Sangka Akan Alami Perubahan Positif Ini

1. Salmon

Salmon tinggi akan kandungan asam lemak omega-3, nutrisi kunci yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh.

Asam lemak omega-3 adalah bagian dari selaput yang mengelilingi sel di dalam tubuh, khususnya di otak.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ikan tinggi asam lemak omega-3 seperti salmon, dapat membantu meredakan depresi.

Menurut sebuah penelitian terbaru, peningkatan peradangan dalam tubuh bisa berkontribusi terhadap peningkatan risiko depresi.

2. Cokelat

Freepik
Freepik

Cokelat

Camilan yang satu ini sudah dikenal luas mampu meningkatkan suasana hati.

Cokelat telah terbukti berdampak positif terhadap suasana hati dan membuat seseorang merasa lebih bahagia, selama cokelat yang dipilih mengandung 70 persen cocoa atau lebih.

Baca Juga: Pertanda Hati dan Pikiran Sedang Kalut? Ternyata Begini Tafsir Mimpi Melihat Pantai yang Belum Banyak Diketahui oleh Masyarakat

Sebuah studi tahun 2013 di British Journal of Clinical Pharmacology menemukan bahwa mengonsumsi cokelat dapat membantu meningkatkan suasana hati karena orang yang memakannya akan merasa lebih tenang dan bahagia.

Cokelat merangsang produksi endorfin, yang dapat membantu orang merasa lebih bahagia, dan juga merupakan sumber alami magnesium.

Adapun magnesium adalah mineral yang memainkan peran penting dalam mengatur suasana hati.

3. Kuning telur

Kebanyakan orang mungkin mengenal vitamin D sebagai mineral yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan kekuatan tulang.

Namun, banyak yang mungkin tidak menyadari bahwa kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif terhadap suasana hati serta berkaitan dengan prevalensi sindrom pramenstruasi (PMS).

Baca Juga: Amit-amit Deh, Jangan Gampang Ngamuk ke Pasangan, Coba Beberapa Cara Ini untuk Mengatasi Badmood Saat Sedang PMS menurut Kata Dokter

Kuning telur adalah sumber alami vitamin D. Meski begitu, kamu juga bisa memilih sumber vitamin D lainnya, seperti salmon dan susu jika tidak mengonsumsi telur.

Jangan lupa untuk meluangkan diri berjemur di bawah dinar matahari untuk mencegah tubuh kekurangan vitamin D.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah camilan praktis yang mengandung lemak sehat, serta sejumlah vitamin dan mineral.

Menurut sebuah studi yang mengevaluasi lebih dari 15.000 orang dalam periode lebih dari 10 tahun, ditemukan bahwa konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah moderat berkaitan dengan penurunan risiko depresi hingga 23 persen.

Kamu bisa menikmatinya dengan menaburkan kacang menjadi topping oatmeal, salad atau menu makanan lainnya, atau memakannya langsung.

Baca Juga: Tragis! Ibu yang Baru Melahirkan Ini Menderita Depresi dan Lakukan Bunuh Diri: Loncat dari Lantai 19 Apartemen dan Bawa 2 Anaknya

Tribun Sriwijaya
Tribun Sriwijaya

Sayuran Hijau.

5. Sayuran berdaun hijau

Sayur-sayuran berdaun hijau dan gelap, seperti bayam dan kale tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 dan membantu memerangi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, sayur-sayuran juga kaya akan magnesium, yang punya peran besar terhadap peningkatan fungsi otak dan suasana hati.

6. Buah beri

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga penting untuk dikonsumsi sehari-hari.

Meski begitu, buah-buahan beri secara khusus memiliki efek yang luar biasa untuk otak.

Buah beri kaya akan flavonoid, yang dapat mengatur suasana hati, mempertajam ingatan dan mengurangi peradangan.

Baca Juga: Gampang Banget! Ternyata Begini Cara Mengatasi Kecanduan Minum Kopi: Ada Dua Metode Ampuh

Editor : Moh. Habib Asyhad

Sumber : Suar.id

Baca Lainnya