Viral Video Warga Lombok Demo Minta Masjid Tetap Dibuka Meski Sedang Di Tengah Pandemi Virus Corona, Begini Kata Ustaz Abdul Somad...

Jumat, 01 Mei 2020 | 12:00
Instagram @ustadzabdulsomad_official

Viral Video Warga Lombok Demo Minta Masjid Tetap Dibuka Meski Sedang Di Tengah Pandemi Virus Corona, Begini Kata Ustaz Abdul Somad...

Suar.ID -Seperti yang diketahui, di tengah pandemi virus corona ini pemerintah sudah mengeluarkan imbauan untuk beribadah di rumah.

Sayangnya hal ini tak semuanya bisa diindahkan oleh warga.

Tak sedikit warga yang nekat beribadah di masjid meski sudah ada himbauan dari pemerintah ini.

Ustaz Abdul Somad pun sempat mengungkap penyebab warga nekat shalat di masjid di tengah pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga: Suka Bantah Petugas Pakai Hadis-hadis, Pasien Virus Corona Ini Nekat Kabur dari Rumah Sakit Lewat Jendela Lalu Ikut Salat Subuh di Masjid, Apa yang Ada di Pikirannya Ya?

Hal itu disampaikan Ustaz Abdul Somad di acara Indonesia Lawyers Club, Selasa (29/4/2020).

Bahkan ada warga yang berdemo meminta agar masjid dibuka untuk shalat berjamaah.

Seperti yang dilakukan oleh sekelompok warga Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat.

Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan gambar kerumunan warga tersebut berdemo di depan masjid.

Baca Juga: Jangan Seperti 4 Pasien Virus Corona Ini Ya, Mereka Nekat Kabur dari Ruma Sakit cuma Gara-gara Hal Ini, Ada yang Dibantu Istrinya setelah Ancam Bunuh Diri

Mereka berdemo meminta masjid dibuka, dan menolak ajakan pemerintah untuk Shalat Jumat dan shalat tarawih di rumah.

Pada video yang diunggah akun Instagram @instalombok_, Jumat (1/5/2020), terlihat kerumunan orang memadati masjid sambil meneriakkan "buka, buka...".

Video tersebut berdurasi hanya berdurasi 10 detik.

Tampak kerumunan warga yang berdemo terdiri dari orang tua, pemuda hingga anak-anak.

Baca Juga: Diam-diam Jalan Sama Cewek Lain saat Masih Pacaran dengan Yuni Shara, Raffi Ahmad Blak-blakan Ungkap Sosok Selingkhannya

Berikut keterangan dalam video viral tersebut.

"instalombok.

Min ini di Bengkel, Labuapi, Lobar baru saja terjadi demo karena di Masjid tadi diumumin Jumatan, Terawih dirumah karena positif korona makin bertambah.

Belum berapa menit Iangsung warga demo harus tetep ada Jum'at dan Terawih di Masjid."

Baca Juga: Resmi Bercerai 3 Tahun Lalu, Tsania Marwa Baru Gugat Harta Gono-gini pada Atalarik Syah yang Capai Rp 3 Miliar

Dilansir dari Kompas.com, menanggapi hal tersebut, Kabag Humas Pemkab Lombok Barat Ahkam menyampaikan, sangat menyayangkan kejadian tersebut karena tidak mematuhi imbauan Pemerintah.

Pemda hanya bisa prihatin.

"Kami sangat prihatin dan menyayangkan," kata Ahkam dikonfirmasi, Jumat (1/4/2020).

"Di tengah upaya keras kita untuk menghambat laju penyebaran, mereka menolak imbauan MUI, FKUB, KNPI, Polres, TNI dan Pemda untuk tidak menyelenggarakan ibadah yang sifatnya kumpul massa, seperti shalat Jumat agar diganti zuhur dan meminta agar shalat tarawih di rumah masing-masing."

Baca Juga: Soal 500 TKA China yang Masuk Indonesia Lewat Sulawesi Tenggara, Begini Tanggapan Jubir Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan: Murni Terkait Investasi, Tak Ada Kepentingan Pak Luhut Pribadi

Ahkam mengatakan, para warga berdalih atas dasar agama, mereka menganggap pandemi Covid-19 ini tidak berbahaya.

"Atas nama pemahaman agama dan tentu menganggap corona tidak berbahaya, mereka terang-terangan menolak dan menentang. Pemda sangat prihatin," kata Ahkam.

UAS Ungkap Penyebab Warga Nekat Shalat di Masjid

Ustaz Abdul Somad menyampaikan tausiah terkait wabah virus corona di acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Selasa (28/4/2020).

Dilansir TribunWow.com, Ustaz Abdul Somad mengatakan masyarakat dianjurkan menjauhkan diri dari wabah dengan menetap di dalam rumah.

Baca Juga: Rumah Tangganya Jarang Diterpa Gosip Miring, Nia Ramadhani Blak-blakan Pernah Berantem dengan Ardi Bakrie Sampai Pilih Pisah Ranjang Gara-gara Hal Ini

Namun, menurutnya ada suatu penyebab yang membuat warga tetap nekat menjalankan ibadah di masjid.

Ustaz Abdul Somad pun menyinggung kemarahan warga yang merasa tak adil pemerintah mengimbau ibadah di rumah.

"Sunah ketika terjadinya wabah adalah menjauhkan diri dari wabah, seperti menjauhkan diri dari singa," kata Ustaz Abdul Somad.

"Menjauhkan diri dari wabah, menetap di suatu tempat yang tidak ada wabah, menetap di suatu tempat kalau zaman dulu satu kampung satu tempat."

Baca Juga: Sambil Bawa Bayi di Gendongan, 2 Bule Rusia Ini Terpergok Lakukan Ini di Pasar NTB supaya Tetap Bisa Bertahan Hidup di Tengah Wabah Virus Corona

Ustaz Abdul Somad menjelaskan, semenjak virus corona melanda tak ada satu pun orang yang mengetahui pasti tempat yang aman bagi mereka.

"Tapi untuk saat ini karena semua di dunia terkena dan kita tidak tahu tempat mana saja yang kena dan tidak," terang Ustaz Abdul Somad.

Terkait hal itu, ia lantas berandai-andai adanya sebuah alat canggih yang bisa secara cepat mendeteksi virus corona.

Menurut Ustaz Abdul Somad, keberadaan alat tersebut sangat memudahkan warga yang ingin beribadah di luar rumah.

Baca Juga: Inilah Sosok Nyonya Menteri Nadiem Makarim yang Tak Pernah Terekspos, Ternyata Miliki Bisnis Ini yang Buat Dirinya Kaya 7 Turunan!

"Kecuali andai nanti ada suatu alat detektor canggih cukup pakai layar saja," ungkap Ustaz Abdul Somad.

"Sehingga ketika layar itu dipakai, dipasang di depan pintu langsung ketahuan, ini yang ada virus ini yang enggak ada. Yang enggak ada virus masuk masjid, yang ada virus masuk rumah sakit."

Karena hingga kini alat tersebut belum tersedia, Ustaz Abdul Somad menyebut masalah yang dihadapi cukup rumit.

"Tapi untuk hari ini kita tidak tahu siapa yang ada virus, siapa yang tidak," ujar Ustaz Abdul Somad.

Baca Juga: Tak Terima Dituding Pengen Tampil Seksi di Atas Panggung, Alasan Penyanyi Dangdut Ini Putuskan Lepas Hijab Bikin Geregetan

"Oleh sebab itu, ini masalahnya tidak sesimpel fikih tapi kompleks."

Melanjutkan pernyataannya, Ustaz Abdul Somad pun menyinggung kemarahan warga yang dianjurkan beribadah di dalam rumah.

Menurutnya, imbauan ibadah di rumah itu tak sejalan dengan banyaknya mal dan tempat keramaian lain yang masih beroperasi.

"Ada juga kemarahan masyarakat 'Mengapa masjid tidak boleh tapi kenapa mal dibuka, kenapa masjid dibuka tapi mereka dapat berita airport tetap masuk'," ungkap Ustaz Abdul Somad.

Baca Juga: Mantan Suaminya Resmi Nikahi Biduan Dangdut, Imel Putri Ungkap Sosok Pelakor Penyebab Perceraiannya dengan Sirajuddin Mahmud

"Jadi kemarahan masyarakat itu dibalaskan mereka, akhirnya mereka ke masjid."

"Sebenarnya saya melihat masalah ini terkait dengan banyak hal Pak Karni," tukasnya.

Baca Juga: Sungguh Terpuji, Viral Bocah Laki-laki menjadi 'Bantal Darurat' untuk Ibunya yang Kelelahan di Kereta

(Vivi Febrianti)

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul "Warga Lombok Demo Minta Masjid Dibuka, Ustaz Abdul Somad Ungkap Penyebab Warga Nekat Lakukan Ini".

Editor : Aditya Eriza Fahmi

Baca Lainnya