Ketiga Menteri Ini tak Salami Wapres dan Ibu Negara saat Terima SK Menteri, Apakah Karena Grogi? Simak Videonya!

Jumat, 25 Oktober 2019 | 13:00
Tangkapan Layar Kompas TV

Suar.ID -Terdapat peristiwaunik saat Presiden Joko Widodo menyerahkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan 34 menteri Kabinet Indonesia Maju, pada Rabu (23/10/2019).

Dari 34 menteri yang menerima SK dari presiden, Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menjadi sorotan.

Dilansir dari Tribun Wow pada Kamis (24/10/2019), ia menjadi sorotan setelah tak menyalami Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin, Iriana Jokowi, serta Wuri Ma'ruf Amin.

Terpantau dari saluran Youtube Sekretariat Negara, Rabu (23/10/2019), tampak Jokowi berdiri di samping Iriana Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin, serta Wuri Ma'ruf Amin.

Baca Juga: 2 Kali Di-PHP Jokowi, Sosok Ini Akhirnya Jadi Menteri Koordinator yang Membawahi Banyak Kementerian dan Lembaga Prestisius

Setelah Jokowi mengumumkan 34 menteri Kabinet Indonesia Maju, penyerahan SK langsung dilaksanakan.

Kala itu, satu per satu menteri dipanggil untuk menerima SK dari Jokowi.

Nama yang dipanggil pertama untuk menerima SK yakni Mahfud MD, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Dalam tayangan tersebut tampak setelah Mahfud MD menerima SK, ia bersalaman dengan Jokowi, dilanjutkan dengan Iriana, Ma'ruf Amin, dan yang terakhir dengan Wuri Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Jadi 'Srikandi' di Kabinet Indonesia Maju, Yuk Intip Penampilan 5 Menteri Perempuan Ini Saat Pelantikan, Siapa Paling Kece?

Hal serupa juga dilakukan menteri-menteri lainnya.

Namun, berbeda dengan Mendikbud, Nadiem Makarim.

Saat namanya disebut, Nadiem Makarim langsung berjalan ke arah Jokowi.

Sebelum menerima SK, tampak ia menundukkan sedikit badannya, tanda hormat pada Jokowi.

Baca Juga: Padahal Gajinya Kecil Banget, tapi Sosok Ini Mau-mau Saja saat Dipinang Jokowi Jadi Menteri, Rela Lepaskan Jabatan Sebelumnya yang Mentereng

Ia lantas menerima SK dan bersalaman dengan orang nomor satu di Indonesia itu.

Namun, hal menarik terjadi setelah Nadiem Makarim menerima SK.

Tak seperti menteri lainnya, ia langsung menuju barisan menteri setelah menerima SK.

Nadiem Makarim tak bersalaman dengan Iriana Jokowi, Ma'ruf Amin, maupun Wuri Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Sekarang Jadi Menteri Jokowi, Ternyata 2 Pria Ini Penggagas Nama Detasemen 81, Pasukan Elite yang Kerjanya Secepat Kilat!

Dalam tayangan itu, tampak ia sempat menoleh ke kanan dan ke kiri setelah menerima SK.

Bukannya menghampiri dan menyalami Iriana Jokowi, Ma'ruf Amin, maupun Wudi Ma'ruf Amin, Nadiem justru berjalan ke belakang Jokowi menuju tempat para menteri lain berdiri.

Ia bahkan sempat berjalan ke barisan para menteri yang berbaris di sisi kanan Jokowi.

Namun, seorang pria berjas hitam lantas menunjukkan tempat Nadiem Makarim seharusnya berada, di barisan menteri yang berada di sisi kiri Jokowi.

Baca Juga: Inilah Beberapa Ekspresi Berbeda dari Sosok Menteri Pertahanan ketika Pengumuman, Sumpah Jabatan dan Disalami oleh Presiden Jokowi saat Pelantikan Menteri

Selain Nadiem Makarim, ternyata ada pula menteri lain yang tak menyalami Iriana, Wapres Ma'ruf Amin dan Wuri Ma'ruf Amin.

Ia adalah Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Setelah menerima SK dari presiden, Johnny tampak menyalami Jokowi dan langsung menuju barisan menteri yang berada di sisi kanan Jokowi.

Menteri lain yang hanya menyalami Jokowi kala itu adalah politisi NasDem, Teten Masduki.

Baca Juga: Sandang Status Istri Menteri, Penampilan Memesona Gista Putri yang Sedang Hamil 8 Bulan, Dampingi Wishnutama Dilantik

Ia dipercaya Jokowi untuk menjadi Menteri Koperasi dan UKM Kabinet Indonesia Maju.

Saat menerima SK, seperti yang menteri lainnya Teten berjalan menghampiri Jokowi dan menerima SK.

Tak lupa Teten pun juga bersalaman dengan Jokowi.

Namun, bukannya bersalaman dengan Iriana, Ma'ruf Amin, dan Wuri Ma'ruf Amin, Teten justru hanya berjalan begitu saja melewati ketiga tokoh itu.

Teten berjalan di depan ketiga tokoh itu dan menuju barisan menteri.(Jayanti Tri Utami/Tribun Wow)

Artikel ini telah tayang di Tribun Wow dengan judulNadiem Makarim Terima SK Menteri dari Jokowi, Tak Salami Ibu Negara hingga Wapres Ma'ruf Amin

Editor : Adrie P. Saputra

Sumber : Tribun Wow, Tribun Video

Baca Lainnya