Pria Tewas Dililit Ular Peliharaannya hingga Bertemu Piton Raksasa 7 Meter, Inilah Kisah Keberadaan Ular Besar di Indonesia

Senin, 24 Juni 2019 | 16:16
(handout/dok Tribun Jabar) - (Tribun Pekabnaru)

Cerita keberadaan ular besar di Indonesia.

Suar.ID – Kasus tewasnya seseorang yang bersinggungan dengan ular kembali terjadi.

Seorang pria bernama Jana (42) asal Kampung Citiru, Desa Padasuka, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, ditemukan tewas akibat dililit ular sanca peliharaannya, Jumat (21/6/2019).

Melansir Kompas.com, anak korban pertama kali yang menemukan Jana dalam posisi tengkurap tidak bernyawa di dekat ular sancanya.

Ular sanca dengan berat 17 kilogram dan panjang tiga meter itu sempat kabur ke saluran air yang berada di sekitar jamban belakang rumah milik Jana, usai melilit tuannya.

Baca Juga: Makan Ikan Asin Memang Enak Sih, tapi Hati-hati Bisa Sebabkan Penyakit Berbahaya Ini Lho...

Baca Juga: Wah Bung Karno Ternyata Suka Sekali Ikan Asin dan Sayur Lodeh yang Langsung Dimakan Pakai Tangan

Jana, warga Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tewas dililit ular sanca peliharaannya.(handout/dok Tribun Jabar)

Ular ini kemudian ditangkap oleh warga dan dibunuh demi menghindari kejadian serupa terulang.

Ular tersebut dikuburkan tidak jauh dari makam Jana.

Cerita mengerikan antara manusia dan ular besar seperti itu sudah sering terjadi di Indonesia.

Lebih mengerikan, pernah juga terjadi seseorang ditelan ular piton.

Manusia ditelan ular piton

Perempuan di telan ular piton

Publik sempat dihebohkan dengan berita seorang perempuan di Provinsi yang sama, Sulawesi Tenggara ditelan ular piton.

Wa Tiba yang bermaksud menengok kebunnya, perempuan asal Kabupaten Muna ini ditelan seekor ular piton sepanjang 8 meter.

Menurut perkiraan, Tiba ditelan ular antara Kamis (14/6/2018) petang hingga Jumat (15/6/2018) subuh. Persis di malam takbiran, lebaran tahun lalu.

Sekitar pukul 09.30 Wita, warga bernama La Ode Fendi melihat seekor ular raksasa yang perutnya membesar di sekitar kebun.

Benar saja, ternyata perut ular piton besar karena di dalamnya ada tubu Wa Tiba.

Setahun sebelumnya pada Bulan Maret 2017, seorang petani bernama Akbar (25) ditemukan tewas di dalam perut ular piton sepanjang empat meter di Desa Salubiro, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.

Jasad Akbar ditemukan utuh lengkap dengan pakaian dan sepatu boots yang biasa digunakannya saat berkebun.

Akbar diketahui hilang setelah pamit menuju kebun sawit miliknya di Desa Salubiro pada Minggu (26/3/2017) sekitar pukul 09.00 Wita, untuk memanen sawit. Namun, hingga keesokan harinya, korban tak kunjung pulang.

Warga pun menemukan korban di dalam perut ular setelah menangkap ular piton tersebut di kawasan perkebunan sawit, mereka lantas membedahnya dan menemukan jasad Akbar.

Baca Juga: Sebut Mantan Istri Bau Seperti Ikan Asin dan Gaya Hidupnya Mewah, Kakak Ipar Fairuz: Galih Punya Utang Rp95 Juta Sama Saya

Baca Juga: Ayah Ferry Anto Ungkap Firasat Sebelum Sang Anak Hilang Terseret Ombak, Tunjukkan Gelagat Tak Biasa Saat Lebaran

Perkelahian ular dengan manusia

Tribun Pekanbaru

Ular yang menyerang Robert.

Lain lagi cerita yang dialami Robet Nababan, warga desa Desa Belimbing, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Ya, pada Sabtu (30/9/2017) ia terlibat perkelahian dengan ular piton. Beruntung, dirinya masih selamat.

Insiden itu terjadi ketika ia pulang dari PT. SSK tempat kerjanya dan melihat seekor ular melintas di jalanan yang ia lalui.

Selain Robert ada dua orang lain di sana yang menunggu ular melintas, namun hanya ia saja yang berani mendekati ular tersebut.

Saat itulah, ular tersebut kemudian menyerang dan menggigit lengan kiri Robert. Robert pun bergelut dengan ular tersebut agar lepas dari gigitan.

Dari serangan tersebut, Robert mengalami luka yang cukup parah. Lengan kirinya robek seketika setelah digigit ular berukuran raksasa tersebut.

Diketahu ular yang menyerang Robert panjangnya 7 meter yang oleh warga kemudian dibunuh dan digantung di antara dua pohon.

Ular tersebut juga mengalami luka karena bagian gigi dalamnya hilang.

Kerajaan ular piton di Indonesia

Tribun Bali

Seorang petani ditelan ular piton.

Kasus penemuan ular piton sering terjadi di luar pulau Jawa. Beberapa kalangan meyakini Pulau Sulawesi adalah kerajaan bagi ular piton, lebih-lebih wilayah Sulawesi Barat.

Tiga (Mamuju, Mamuju Utara dan Mamuju Tengah) dari enam kabupaten di sana termasuk “sarang” ular piton terbesar di Indonesia.

Polisi Kehutanan (Polhut) Resort Mamuju, mengungkapkan hampir semua titik wilayah Mamuju Tengah terdapat ular piton atau ular sanca kembang.

Bidang Konserfasi Sumber Daya Alam, Polhut Resort Mamuju, Hardi, kepada TribunSulbar.com setahun yang lalu mengatakan, “Hampir semua wilayah di Mamuju Tenga itu terdapat ular piton atau sanca.”Ia mengungkapkan, daerah Salubiro, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulbar, merupakan daerah yang paling banyak ular Piton menyebar.

Tak lain dan tak bukan menyebarnya ular piton di wilayah tersebut dikarenakan habitatnya terganggu.

Baca Juga: Sebut Mantan Istri Bau Seperti Ikan Asin dan Gaya Hidupnya Mewah, Kakak Ipar Fairuz: Galih Punya Utang Rp95 Juta Sama Saya

Baca Juga: Sebelum Hilang Terseret Ombak Ferry Anto Unggah Status WhatsApp Berlatar Pantai, Ada Hal Aneh di Fotonya

Editor : Masrurroh Ummu Kulsum

Sumber : kompas, grid, tribun

Baca Lainnya