Follow Us

Tergiur Rumah Murah Rp130 Jutaan, 171 Orang di Tangeran Selatan pun Tertipu

Moh. Habib Asyhad - Jumat, 14 Desember 2018 | 21:18
John Sumanti, pelaku penipuan DP rumah murah di Tangerang Selatan.
KOMPAS.com/DAVID OLIVER PURBA

John Sumanti, pelaku penipuan DP rumah murah di Tangerang Selatan.

Suar.ID - Jangan asal jika beli rumah, bisa-bisa kita tertipu seperti yang menimpa 171 orang di Tangerang Selatan, Kabupaten Banten, ini.

Seperti dilaporkan Kompas.com pada Jumat (14/12), ratusan orang itu menjadi korban penipuan dengan kedok DP rumah murah.

Sang pelaku, John Sumanti (47), mengaku sebagai direktur utama perusahaan properti bernama PT Citra Cakrawala Kinasa (CKK).

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dari kasus yang sangat merugikan ini.

Tersangka John Sumanti menawarkan rumah kepada para korbannya seharga Rp130 juta hingga Rp160 juta.

John meyakinkan calon korban bahwa bisa menyediakan rumah bersubsidi dengan uang muka murah.

Baca Juga : Kartini Muljadi, Perempuan Terkaya Nomor 2 di Indonesia yang Cucunya Dikabarkan Gagal Nikah dengan Denny Sumargo

Dua lokasi rumah yang ditawarkan berada di Desa Curug, Kabupaten Bogor, yang bernama Bumi Berlian Asri, sedangkan lokasi kedua berada di Desa Cidokom, Kabupaten Bogor, dengan nama Bumi Berlian Serpong.

Tapi sial, dua lokasi yang disebut di atas itu ternyata bukan milik John Sumanti, melainkan milik pengembang properti lain yang tidak memiliki hubungan dengan John.

John menjanjikan, setelah uang muka dibayarkan, korban bisa melaksanakan wawancara akad kredit dengan pihak Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah Cabang Bogor atau BTN Cabang Pamulang.

"Modus operandi (pelaku) dengan memasarkan rumah bersubsidi seharga Rp130 juta-Rp160 juta dengan luasan tanah 60 meter persegi dan luas bangunan 90 meter persegi," ujar Kapolres Tangerang Selatan AKBP Ferdy Irawan di Mapolres Tangsel, Kamis (13/12).

Halaman Selanjutnya

Uang muka Rp 30 Juta
1 2 3 ... 5

Source : Kompas.com

Editor : Moh. Habib Asyhad

Baca Lainnya

Latest