Follow Us

Sangat Simpel, Ternyata Begini Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung Naik ke Dada

Adrie Saputra - Rabu, 04 Mei 2022 | 06:32
Ilustrasi asam lambung
Freepik

Ilustrasi asam lambung

Suar.ID – Gejala asam lambung naik ke dada ternyata dapat terjadi kapan saja.

Bahkan gejala ini bisa muncul saat tidur di tengah malam.

Ketika asam lambung naik, hal ini bisa menimbulkan sensasi terbakar di dada.

Ya, gejala ini merupakan penyakit gaestroesophageal reflux disease (GERD) yang disebabkan oleh otot esafagus tidak menutup dengan benar sehingga asam lambung dapat naik ke kerongkongan.

Banyak yang menganggap gejala asam lambung naik ke dada dapat memicu serangan jantung.

Padahal keduanya memiliki gejala yang berbeda, namun jika Anda adalah pasien GERD yang memiliki riwayat penyakit maka harus lebih waspada.

Jika gejala asam lambung naik ini muncul termasuk ringan dan sedang di malam hari, Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah.

The International Foundation for Gastrointestinal Disorders mencatat bahwa 79% orang dengan Gerd mengalami gejala ini setelah tidur.

Seseorang dengan refluks asam setelah waktu tidur mungkin memiliki gejala yang lebih akut daripada orang yang mengalaminya terutama pada siang hari.

Gejala asam lambung naik ke dada yang terjadi di malam hari tentu dapat kualitas tidur yang pada gilirannya kurang tidur juga menyebabkan peningkatan kepekaan terhadap asam di kerongkongan.

Berikut ini adalah hal yang harus Anda perhatikan jika mendapati serangan ini muncul di waktu tidur dilansir dari Medical News Today.

1. Tidur di sisi kiri tubuh

Source : medical news today, Nakita.ID

Editor : Adrie Saputra

Baca Lainnya

Latest